Milad Ke-59, Rektor UIN IB : FTK Perlu Peningkatan untuk Wujudkan Fakultas Unggul dan Kompetitif di Era 5.0

0
1075

PadangTIME.com – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTK) UIN Imam Bonjol Padang peringati hari lahirnya yang ke-59 dengan tema Bersinergi dalam Mewujudkan FTK Unggul dan Kompetitif di Era 5.0. Rangkaian kegiatannya diisi dengan bermacam lomba yang melibatkan seluruh unsur pimpinan, civitas akademika, dan mahasiswa FTK.

Pemilihan tema ini sebagai bentuk komitmen UIN Imam Bonjol Padang yang senantiasa memegang teguh upaya pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, adaptif, dan berpengetahuan luas yang mampu bersaing dalam lingkup nasional dan global sesuai tuntutan zaman.

Rangkaian acara ini ditutup dengan jalan santai yang dilepas oleh Rektor UIN IB, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd., yang didampingi oleh Dekan FTK, Dr. Yasmadi, M.Ag dan para Wakil Dekan. Kegiatan ini  diikuti oleh seluruh civitas akademika FTK yang terdiri dari purnabakhti, dosen, pegawai dan mahasiswa. Juga pada kegiatan ini diserahkan penghargaan kepada purnabakhti  dosen FTK yang telah berjasa dalam membesarkan fakultas tersebut.

Rektor ikuti Kegiatan Jalan santai bersama civitas akademika FTK

Prof. Martin Kustati dalam sambutannya mengatakan mengingat usia FTK yang sudah 59 tahun ini menunjukkan bahwa sepanjang itulah sejarah mencatat kontribusi UIN Imam Bonjol Padang melalui peran FTK mencetak para pendidik profesional yang tersebar di Indonesia.

Kemudian, ia juga menekankan perlunya dilakukan pembenahan dalam segala sisi terutama pada unsur Tridharma Perguruan Tinggi. “Peningkatan kualitas pembelajaran perlu didorong pada output lulusan yang kompeten, unggul, dan berdaya saing global,” katanya.

Lanjutnya, peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian juga perlu dikembangkan sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh banyak pihak melalui publikasi pada jurnal bereputasi.

Kemudian, peningkatan unsur pengabdian masyarakat melalui aspek pendidikan juga perlu terus dilakukan. “Marilah saling bersinergi untuk FTK dan UIN Imam Bonjol Padang yang bermartabat,” ucap Rektor.

Rektor juga menyampaikan besar harapannya nama UIN Imam Bonjol Padang terus hidup di tengah masyarakat. “Semoga harumnya nama UIN Imam Bonjol Padang semakin menggema melalui FTK yang semakin jaya,” harapnya. (tn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini