Masyarakat Hibahkan Tanah, Gubernur Sumbar Rencanakan Pembangunan SMA N 3 Gunung Talang Tahun Depan

0
3212
Padang TIME | Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, terus memacu kualitas pendidikan melalui penambahaan Unit Sekolah Baru (USB). Terkini, Gubernur menyatakan pembangunan SMA N 3 Gunung Talang (Guntal) di Kabupaten Solok akan dimulai pada tahun 2024 mendatang, di atas tanah seluas 2 haktare (ha) yang telah dihibahkan oleh masyarakat setempat.
“Alhamdulillah. Hari ini masyarakat Nagari Talang dan Sungai Janiah menghibahkan tanah seluas dua hektare untuk pembangunan SMA Negeri 3 Gunung Talang, yang nanti akan melahirkan generasi-generasi unggul Sumbar di masa depan,” ucap Gubernur usai menerima kunjungan serta proposal Tokoh Masyarakat dari dua kenagarian tersebut di Istana Gubernur Sumbar, Kamis (26/10/2023).
Gubernur Mahyeldi mengatakan, pembangunan sekolah adalah modal utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sehingga, hadirnya USB akan semakin menjamin pendidikan anak-anak Sumbar di masa yang akan datang. Oleh karenanya, Gubernur mengapresiasi kerelaan hati masyarakat yang menghibahkan tanah untuk membangun sarana pendidikan.
“SMA Negeri 3 Gunung Talang kita rencanakan mulai dibangun tahun depan. Apresiasi tinggi kami kepada pihak-pihak yang telah menyerahkan tanah untuk pembangunan sekolah. Ini menjadi contoh dan teladan bagi kita, bahwa membangun daerah harus bersama-sama. Semoga amal ibadah dan kebaikan ini dinilai berlipat ganda oleh Allah SWT,” ujar Gubernur lagi.
Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan SMA N 3 Guntal, Elwin Andri, mengatakan bahwa masyarakat menghibahkan tanah tersebut atas landasan rasa percaya kepada Gubernur Mahyeldi, untuk merealisasikan pembangunan gedung sekolah yang didamba-dambakan oleh masyarakat tersebut.
“Tertumpang harapan besar kami kepada Gubernur Mahyeldi, untuk bisa membangun sekolah baru di Gunung Talang. Sebab, SMA baru akan menjawab keresahan kami di daerah-daerah yang tidak tergapai oleh sistem zonasi, sehingga bisa mendapat akses pendidikan yang sama adilnya dengan daerah lain,” ucap Elwin.
Menurut Elwin, beberapa tahun terakhir ini cukup banyak anak-kemenakan Nagari Talang dan Sungai Janiah yang terkendala zonasi saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA. “Alhamdulillah, dengan disetujuinya pembangunan sekolah ini, insyaAllah anak-anak kami tidak susah lagi untuk melanjutkan pendidikan,” ungkapnya.
Sementara itu, setelah melihat secara terperinci proposal pembangunan sekolah yang diserahkan oleh Wali Nagari Talang dan Sungai Janiah tersebut, Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi menyatakan, Pemprov Sumbar atas arahan Gubernur Mahyeldi berencana segera memulai proses pembangunannya pada tahun 2024 mendatang.
“InsyAllah berdasarkan kajian dan arahan Bapak Gubernur, kita bisa mulai pembangunannya tahun depan. Semoga dengan hadirnya sekolah ini, anak dan kemenakan kita di Talang tidak mengalami kendala lagi saat ingin melanjutkan pendidikan,” ucap Medi dalam pertemuan yang turut dihadiri oleh Kabiro Umum Setdaprov Sumbar, Syefdinon dan Kabiro Adpim, Mursalim tersebut. (adpsb/nov)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini