Hari Kedua Pelantikan, Rektor: UNP Lampaui Target 100 Guru Besar di 2023

0
1621
Padang TIME | Hari Kedua Sidang Senat Terbuka, Kamis (26/10/2023),
Universitas Negeri Padang mengukuhkan delapan guru besar di Auditorium UNP.
Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutannya mengatakan kedelapan guru besar yang dikukuhkan hari ini berasal dari 5 fakultas, yaitu Fakultas Teknik Prof. Dr. Oriza Candra, S.T, M.T, Prof. Dr. Nurhasan Syah, M.Pd, dan Prof. Dr. Ir. Remon Lapisa, S.T, M.T, M.Sc. Kemudian dua dari Fakultas Ilmu Kependidikan Prof. Dr. Afdal, M.Pd, Kons, Prof. Dr.Yanti Fitria, M.Pd.
Fakultas Ilmu Keolahragaan Prof. Dr. Arsil, M.Pd, Fakultas Ilmu Sosial Prof. Aldri Frinaldi, S.H, M.Hum, Ph.D dan yang terakhir Prof. Dr. Desnita, M.Si dari Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).
“Dengan dikukuhkannya delapan guru besar pada hari ini maka Universitas Negeri Padang sudah mengukuhkan 111 guru besar di tahun 2023, dimana capaian ini sudah melampaui target UNP yang hanya 100 guru besar di 2023. Untuk tahun 2024, kami menargetkan mengukuhkan 126 guru besar,” katanya.
Lebih lanjut, Prof. Ganefri mengungkapkan pengukuhan guru besar tidak hanya sekedar formalitas dan tradisi, namun lebih dari itu, bagi UNP pengukuhan guru besar ini sesuatu tahapan positif dalam penguatan lembaga untuk menjadikan UNP World Class University dan mempertahankan akreditasi unggulan UNP.
“Para guru besar yang dikukuhkan hari ini telah terbukti memiliki kompetensi sesuai bidang keilmuan masing-masing sehingga dapat memberi energi dan semangat baru bagi perkembangan UNP dan ilmu pengetahuan,” tambahnya.
Para guru besar juga diberi kesempatan untuk menyampaikan orasi ilmiahnya. Prof. Dr. Oriza Candra, S.T, M.T (FT) menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul “Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Vokasi dalam Menyongsong Education 5.0: Studi Kasus Teknik Elektro Industri”. Prof. Dr. Arsil, M.Pd dengan judul “Membangun Kualitas Siswa Melalui Pengajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan”.
Kemudian Prof. Aldri Frinaldi, S.H, M.Hum, Ph.D dengan judul “Budaya Kerja SDM Publik: Kebahagiaan Masyarakat Era Digital”. Prof. Dr. Nurhasan Syah, M.Pd “Efektivitas Program Adiwiyata dan Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) dalam Membangun Ekoliterasi”. Prof. Dr. Afdal, M.Pd, Kons dengan judul “Penguatan Eksistensi Bimbingan dan Konseling dalam Mencapai Percepatan Tujuan Pendidikan Nasional”.
Prof. Dr.Yanti Fitria, M.Pd. dengan “Peran Pendidikan IPA dalam Mewujudkan Keterampilan Hot Literasi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Graphic Organizer pada Jenjang Pendidikan Dasar”. Prof. Dr. Desnita, M.Si dengan judul “Pembetukan Perilaku Pro-Lingkungan Melalui Integrasi Pendidikan Lingkungan dalam Pembelajaran Fisika”, dan yang terakhir Prof. Dr. Ir. Remon Lapisa, S.T, M.T, M.Sc dengan judul “Teknik Pendinginan Pasif untuk Kenyamanan Efisiensi Energi”.  (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini