Lucyanel Arlym Serahkan Piagam Penghargaan APE Kementerian PPPA ke Pj Wako Pariaman

0
111

PadangTIME.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman, Lucyanel Arlym menyerahkan piagam dan trophy Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kepada Penjabat (Pj) Walikota Pariaman, Roberia secara simbolis di ruang kerjanya, di Balaikota Pariaman, Selasa (09/01/2024). Turut disaksikan Sekretaris DP3AKB Kota Pariaman, Elidawati, Kepala Bidang PPPA, Yulia dan Kepala Bidang KB dan Pengendalian Penduduk (Dalduk), Ika Septia Maulana.

Lucyanel Arlym mengatakan, penghargaan yang diterima oleh Pemko Pariaman ini adalah atas keberhasilan dan komitmen Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarustamaan Gender (PUG) di Kota Pariaman.

“Alhamdulillah Kota Pariaman naik tingkat, dari yang semula di tahun 2021 mendapat kategori Pratama, di Tahun 2023 kemarin kita menjadi kategori Madya ,” imbuhnya.

Berbeda dengan Kota Layak Anak (KLA), penghargaan APE ini dilaksanakan oleh Kementerian PPPA setiap dua tahun sekali.

Sebelumnya, penghargaan nasional dari pemerintah pusat untuk Pemko Pariaman ini telah diumumkan pada hari Selasa tanggal 19 Desember 2023 yang lalu secara daring oleh Kementerian PPPA RI. Kota Pariaman merupakan salah satu dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia yang meraih penghargaan untuk Kategori Madya.

Lucyanel berharap Kota Pariaman kedepan bisa konsiten dalam Pengarus Utamaan Gender (PUG) sehingga kesetaraan gender di Kota Pariaman dapat terwujud.

Dikatakannya bahwa, untuk mewujudkan hal tersebut tentu butuh upaya dan kerjasama dari OPD di Pemko Pariaman dan stakeholder terkait, tidak hanya melibatkan DP3AKB saja tapi juga seluruh OPD dilingkungan Pemko Pariaman, saling berkoordinasi dan sinergi, sehingga prestasi ini dapat terus kita tingkatkan.

Atas penghargaan APE yang diterima Pemko Pariaman tersebut, Pj Walikota Pariaman, Roberia mengatakan penghargaan ini sebagai apresiasi dari Kementrian PPPA kepada Pemko Pariaman. Terlebih Pemko Pariaman telah berhasil meraih penghargaan APE Kategori Madya, sebelumnya memperoleh penghargaan kategori Pratama.

“Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada semua pihak termasuk masyarakat Kota Pariaman atas komitmennya dalam meresponsif Pengarusutamaan Gender ini ,” tukasnya.

Roberia berharap kita semakin memperhatikan masalah gender, karena masalah gender merupakan indikator untuk SDGs setiap Kota dan Kabupaten. (Erwin)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini