LP3S UNP Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Batch IV

0
1264
Kota Padang – padangtime.com | Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D membuka secara resmi Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Batch IV pada Senin (4/3/2024) padi di Auditorium UNP.
Pada kegiatan yang diikuti oleh 3066 mahasiswa yang akan mengikuti Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) Semester Juli – Desember 2024, Rektor mengungkapkan bahwa dengan adanya Workshop ini diharapkan para mahasiswa yang akan turun ke lapangan pada Juli mendatang dapat memperoleh bekal yang maksimal untuk terjun langsung menjadi tenaga pengajar.
“Semoga dengan turun langsung melaksanakan real teaching anak-anak kami mahasiswa dapat melatih soft skill yang mungkin di kampus tidak didapatkan,” terangnya melalui Zoom Meeting saat membuka acara itu.
Prof. Ganefri juga menyampaikan apresiasi kepada Guru Penggerak yang nantinya akan memberikan pelatihan kepada mahasiswa pada Workshop ini, tidak hanya itu Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) ini juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Mitra Sekolah, Guru Pamong serta Pusat Pengalaman Lapangan (PPL) Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pelaksanaan Tugas Strategis (LP3S) yang mempersiapkan kegiatan ini.
“Terimakasih atas dukungan dari para mitra sekolah, Guru Pamong dan pembimbing teman-teman yang sudah memiliki kualifikasi, mudah-mudahan bisa berbagi ilmu dan pengalamannya kepada anak-anak kita yang ke lapangan melaksanakan real teaching,” tambahnya.
Sementara itu Ketua LP3S Prof. Dr. Jamaris, M.Pd dalam sambutannya memaparkan sejumlah fungsi pelaksanaan PLK yang dilakukan oleh Mahasiswa Kependidikan di UNP. Menurut Prof. Jamaris, PLK bagi mahasiswa tak hanya berfungsi untuk menimba ilmu bagi mahasiswa itu sendiri namun juga sebagai agen perubahan.
“Agen perubahan yang dimaksud ialah saudara dapat memanfaatkan kemampuan teknologi saudara yang bagus untuk membuat perangkat pembelajaran dimana tidak semua guru-guru memiliki kemampuan yang bagus terkait teknologi. Saudara bisa menggelar pembelajaran tidak hanya luring maupun daring,” terangnya.
Tak hanya itu mahasiswa saat PLK juga diharapkan memiliki fungsi sosialisasi dan informasi memperkenalkan UNP yang terus bertransformasi tumbuh menuju World Class University kepada masyarakat sekitar dimana para mahasiswa melaksanakan PLK.
Kepala PPL Dr. Muhammad Adri, S.Pd., MT dalam laporannya mengungkapkan sebanyak 3066 mahasiswa akan mengikuti PLK pada semester Juli-Desember 2024, dimana semuanya akan disebar ke sekolah-sekolah pelosok khususnya di Sumatera Barat mulai dari Tingkat Paud hingga Sekolah Menengah Atas atau setingkat.
Turut tampak hadir dalam acara itu, Wakil Rektor (WR) III Prof. Yohandri, M.Si, Ph.D, WR IV Prof. Dr. Yasri, MS, Guru Penggerak dari sejumlah daerah di Sumbar, Dekan dan Wakil Dekan di Lingkungan UNP, Pimpinan Departemen dan Sejumlah Pimpinan Universitas.  (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini