Kuliah Umum Ustadz Abdul Somad: Nation dan Religion Tidak Akan Bisa Dipisahkan di Minangkabau

0
366

PadangTIME.com – Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan kuliah umum bersama Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D dengan tema “Urgensi Pendidikan Islam untuk Moderasi Beragama”, pada Jumat (26/5) di Auditorium UNP.

Kuliah umum ini dihadiri oleh Rektor, Ketua Perti Sumbar, para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, para Dekan , para Ketua Lembaga, para Kepala Biro, anggota Majelis Taklim Masjid Al-Azhar UNP, para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa selingkungan UNP.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran Ustadsz Abdul Somad sangat penting, karena tausiyah yang beliau berikan sangat menyentuh, sederhana, dan mengena. Ilmu yang dimiliki oleh Ustadz Abdul Somad penting bagi UNP sebagai salah satu perguruan tinggi yang diamanahkan untuk menyiapkan guru masa depan.

Kita dituntut menyiapkan guru-guru profesional yang akan menentukan perdaban bangsa, maka UNP sangat strategis dalam peyiapan sumber daya manusia untuk terjun ditengah masyrakat. “UNP sebagai kampus yang religious nasionalis jangan sampai kita terpecah belah,  mari bersama-sama kita  tanamkan nilai toleransi dan kita jadikan kampus ini sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia yang unggul dalam misi pembangunan bangsa dan negara ini,” harap ketua MRPTNI ini

Ustadz, Prof. H. Abdul Somad Batubara, MC., D.E.S.A., Ph.D dalam kuliah umumnya menyampaikan bahwa bumi Minangkabau sangat menjunjung tinggi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, adat dan Islam sudah menjadi darah daging. Pemikiran orang minang sangat terkenal dengan relijiusitasnya. Minat sivitas akademika UNP yang begitu besar untuk mendapatkan nilai-nilai relijius, terbukti dari penuhnya Auditorium UNP pada kuliah umum ini.

Dimana bumi di pijak disitu langit di junjuang, orang minang bisa membawa diri kemanapun dengan tetap menjaga adat dan agama. Ustadz Abdul Somad juga mengingatkan kepada para mahasiswa jangan datang ke kampus hanya untuk mengejar nilai tetapi silahkan kembangkan spesialiasi apapun tetap jaga nation dan religion dimanapun berada. (pt)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini