Ketua DPRD Sumbar :Minta Bansos diberikan pada Masyarakat Harus Tepat Sasaran

0
795

PadangTIME.com – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi apresiasi Dinas Sosial (Dinsos) Sumbar  melakukan optimalisasi pengelolaan data terkait penerima bantuan sosial. Karena banyaknya masyarakat mengeluh terkait tidak tepatnya sasaran bantuan, maka perbaikan pengelolaan data sangat diperlukan.

“Saya dapat aduan dari masyarakat ada yang dapat sekeluarga, orang tuanya pejabat, orang yang mampu membeli mobil fortuner dan lain sebagainya,” terangnya saat mengisi materi dalam Rapat Koordinasi tentang optimalisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Hotel Rocky Plaza Andalas, Rabu (16/03).
“Saya juga melihat permasalahan data selalu terjadi apalagi di saat ada bencana, laporan dari KPK pun menyebut ada sekitar 11 juta data yang bermasalah dan harus direvisi lagi,” kata Supardi.

Supardi menerka salah satu penyebab masalah data bermasalah adalah dari petugas yang melakukan input data. Untuk hal ini, ia meminta diadakannya pelatihan atau worskhop tentang peningkatan kualitas SDM petugas Imput data. Terlebih lagi, ‘open rekruitment’ petugas input data harus diseleksi secara profesional.

Supardi memperkirakan   petugas dapat  aplikator data main pilih saja, hal ini yang akan menyebabkan data yang terkumpul jadi bermasalah. Apalagi sampai ada unsur politis dari petugas data dalam melakukan penginputan,” katanya.
Supardi berharap untuk kedepannya, Provinsi Sumbar agar menjadi provinsi yang baik dalam pengelolaan data dan punya citra baik di mata nasional. Segala upaya untuk itu harus dilakukan. Sebab, peran data, apalagi Sumbar adalah rawan bencana, sangat diperlukan.

“DTKS ini kan sumber data segala sumber kalau kita akan menyalurkan bantuan sosial ke masyarakat, nah kalau data ini banyak bermasalah bagaimana kita akan memberikan bantuan yang tepat sasaran, kami di DPRD Sumbar siap untuk bersinergi,” ujar Supardi. (Tisna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini