ads

oleh   :  Tim  Program Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas                  Andalas

Ketua  :   Dr. Benni Satria, MP

PadangTIME.com |-  Program Pengabdian masyarakat yang  bersama beberapa anggota tim melalui program membantu usaha mitra GARURI tumbuh dan berkembang melaksanakan serangkaian kegiatan pelatihan dan kegiatan  ini dilaksanakan  mulai akhir September-Oktober 2022 dengan beberapa tahap.

Untuk tahap pertama ini diawali dengan pelatihan modifikasi desain kemasan produk. Kegiatan ini dilaksanakan di Pusat layanan usaha terapadu (PLUT) KUMKM provinsi Sumatera Barat.

Pada pelatihan ini dilakukan edukasi kepada mahasiswa, alumni, dosen, tendik, masyarakat dan pemerhati tentang manfaat dan desain kemasan produk teh herbal. Manfaat dan fungsi kemasan secara teknis yaitu untuk melindungi, mengawetkan dan mempertahankan kualitas dari produk, sekaligus sebagai wadah dan memudahkan dalam proses transportasi dan distribusi produk di pasaran.

Tahap kedua dilakukan edukasi tentang mendesain kemasan dalam bentuk kotak. Kemasan kotak memang sangat beragam jenis, bahan dan desainya.

Ada yang polos, ada juga yang sablon, menggunakan ukuran kecil, besar bahkan cutsom. Ada pula yang menggunakan bahan kertas duplex, Ivory, Art paper dan Corrugated.

Semua bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan untuk pengemasan makanan apapun. Bahkan kini yang lebih menarik lagi box bisa dicetak dengan ditambah nama brand, logo, gambar, tulisan dan identitas penjual maupun produk yang dijual.

Tahap ketiga dilakukan edukasi mencetak desain kotak teh herbal. Desain produk teh herbal dapat dikemas dalam bentuk kotak untuk memenuhi requirements calon pembeli dengan pertimbangan mudah digunakan tanpa perlu menyaring kembali.

Dengan dilaksanakannya pelatihan desain ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan desain produk bagi peserta pelatihan khususnya mitra GARURI dalam meningkatkan daya tarik produk melalui desain kemasan yang lebih baik lagi. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini