Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak dinilai oleh Tim Provinsi

0
412

PadangTIME.com – Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman masuk 5 besar dalam lomba Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Karang Taruna Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022. Bertempat di Kantor Desa Koto Marapak Kota Pariaman, Rabu (8/6/2022), tim penilai lomba melakukan penilaian untuk tahap selanjutnya memilih terbaik I untuk mewakili Prov Sumbar ditingkat nasional.

“Karang Taruna berperan penting dalam melakukan percepatan pembangunan di daerah, melalui wadah karang taruna ini, berbagai aspirasi dan ide-ide kreatif dari pemuda bisa ikut berkontribusi dalam program perencanaan pembangunan hingga ke tingkat desa ,” ujar Walikota Pariaman, Genius Umar dalam sambutannya.

Genius menyebutkan, Karang Taruna Komara ini termasuk yang sangat aktif di Kota Pariaman dan banyak inovasinya seperti sanggar seni, produksi gandang tasa yang bisa dipasarkan untuk menambah pemasukan. Ini memiliki produktifitas yang tinggi karena bisa menghasilkan produk yang bisa laku dijual.

Disamping itu, Karang Taruna Komara ini juga punya Pos Layanan Terpandu (Posyandu) Remaja Komara Boneh dalam kesempatan tersebut secara simbolis dilakukan pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman, Ny Lucyanel Genius.

“Dengan adanya Posyandu ini, karang taruna telah ikut berperan dibidang kesehatan dan ikut menuntaskan program stunting di Kota Pariaman. Kita berharap melalui karang taruna angka stunting di Desa Koto Marapak nol persen ,” kata Genius.

Dihadapan seluruh tim penilai, Genius menyatakan, Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak ini layak menjadi yang terbaik ditingkat Provinsi Sumbar karena banyak inovasinya yang berdampak langsung terhadap kesejahteraan sosial di masyarakat.

“Selamat kepada Karang Taruna Komara, semoga dengan potensi-potensi yang ada ini bisa menghantarkan kepada hasil yang terbaik dan bisa mewakili Sumbar ditingkat Nasional ,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, Zulfikar menyebutkan, permasalahan kesejahteraan sosial itu menjadi tanggungjawab pemerintah dan boleh dimitrakan dengan masyarakat melalui Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dimana karang taruna menjadi salahsatu pilar sosialnya. Karena pilar sosial ini menjadi mitra pemerintah didaerahnya masing-masing, maka salahsatu penghargaannya adalah dengan penilaian ditingkat pusat sampai ke daerah.

“Setelah dilakukan penilaian secara presentase dari 19 daerah kabupaten/kota se-Sumbar, Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak Kota Pariaman masuk lima besar terbaik ,” ujar Zulfikar.

Dikatakannya, untuk penilaian selanjutnya, panitia dan tim juri akan melakukan peninjauan lapangan melihat kelengkapan administrasi, website, cara kemitraan dan seluruh pembukuan di karang taruna. Diharapkan pengurus karang taruna dapat mempersiapkan bahan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Zulfikar mengatakan bahwa karang taruna terbaik nanti akan diutus mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat nasional pada tanggal 12 s/d 19 Agustus 2022 mendatang.

“Penilaian ini hanyalah stimulus, kami berharap Karang Taruna Komara akan selalu berbuat dan bekerjasama dalam kesejahteraan sosial sehingga perannya dapat dirasakan oleh maysarakat dan pemerintah. Semoga Karang Taruna Komara dapat menjadi tauladan bagi Kota Pariaman dan Sumatera Barat khususnya ,” tutup Zulfikar. (PT/Erwin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini