Iven Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2022, BKMT Kota Pariaman Gelar Festival Rebana

0
235

PadangTIME.com –  Menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah dan memeriahkan iven Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2022, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Pariaman menggelar Festival Rebana di Pentas Utama Gandoriah Pariaman, Selasa (2/8/2022).

Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih yang biasa dimainkan beriringan dengan lantunan lagu kasidah dan hadroh (musik islami).

Acara ini diikuti oleh perwakilan BKMT dari empat kecamatan se-Kota Pariaman. Masing-masing grup menampilkan permainan rebana dengan kreasi lagu dan pola ritme yang beragam serta enak didengar.

” Rebana adalah kesenian islami yang ada sejak dulu, merupakan kesenian yang sangat menyejukkan bagi yang mendengarnya, karena didalam syair rebana ini ada unsur dakwah dan pesan agamanya ,” ujar Wako Pariaman, Genius Umar dalam sambutannya.

Genius sangat mendukung atas terselenggaranya Festival Kesenian Rebana yang ditampilkan langsung oleh BKMT Kota Pariaman di Pentas Gandoriah Pariaman hari ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena selain mendukung kesenian rebananya juga mendukung tersebarnya syiar agama islam di Kota Pariaman ,” tuturnya.

Genius sampaikan apresiasi atas peran BKMT dalam pembangunan sumber daya manusia di Kota Pariaman. Karena BKMT memiliki anggota yang hampir ribuan jumlahnya.

“BKMT juga selalu hadir dalam setiap kegiatan keagamaan, salahsatunya di Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad (UAS) di Lapangan Gor Rawang / Youth Center Kota Pariaman kemarin ,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua BKMT Kota Pariaman, Mahyaretti mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai ajang untuk menampilkan bakat seni para anggota BKMT Kota Pariaman. Ada lima grup yang tampil hari ini, alhamdulillah meskipun diguyur hujan deras namun acara ini berjalan sukses.

Mahyaretti berharap dengan penampilan kesenian rebana ini, tersampaikan syiar dan dakwah islam ke masyarakat Kota Pariaman.

Tampak antusias peserta memainkan rebana, tampak pula Walikota Pariaman beserta ibu ikut memainkan rebana sembari melantunkan lagu kasidah bersama BKMT Kota Pariaman yang tampil.

Hadir juga, Ketua TP-PKK sekaligus Penasehat BKMT Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, Kabag Kesra dan Perekonomian Setdako Pariaman, Syamsuardi. (erwin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini