AYO MEMBACA !!

BERITA TERBARU

Hadiri Deklarasi dan Pengukuhan IKTR se Jabodetabek, ini pesan Genius Umar

PadangTIME.com – Hadiri Deklarasi dan Pengukuhan Ikatan Keluarga Kuraitaji  Raya (IKTR) se Jabodetabek Periode 2022 – 2027, Wali Kota Pariaman, Genius Umar berpesan agar selalu menjaga kekompakan dan persatuan sesama warga Piaman yang ada di rantau, dan terus perekat sinergitas antara Pemerintahan, baik yang ada di ranah, Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, dengan yang ada di rantau, Pemerintahan di Jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tanggerang dan Bekasi), bertempat di Gedung SG2 Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, Sabtu siang (11/2).

Pada IKTR se Jabodetabek ini, di Ketuai oleh H. Basyaruddin, dengan Pembina H. Hermansyah KR, Dr. H. Hermanto, SE, MM, H. M. Nazir, H. Ermi Mokhtar, dan Lukman Piliang, Penasehat dari tokoh urang tuo Piaman se Jabodetabek dan Ketua Panitia H. M. Nazir. Acara juga dimeriahkan dengan Tari Pasambahan yang dibawakan oleh anak-anak warga Piaman diperantauan.

Hadir juga dalam kegiatan Deklarasi dan Pengukuhan IKTR se Jabodetabek, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin dan istri, beberapa kepala OPD serta masyarakat Piaman yang ada di Jabodetabek.

“Kami atas nama pribadi dan pemerintah daerah, mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus IKTR se Jabodetabek ini, sehingga dapat mempererat hubungan silaturahim, mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai budaya minang, baik yang ada diranah maupun di rantau,” ujar Genius ketika mengukuhkan pengurus IKTR se Jabodetabek ini.

Lulusan S3 IPB ini juga mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi atas upaya dari IKTR se Jabodetabek, yang selalu menjaga adat dan budaya, walaupun berada di rantau, sehingga dapat mengenalkan budaya asli Minangkabau di Jakarat dan sekitarnya ini.

“Masyarakat Piaman, mempunyai ciri kekeluargaan, kebersamaan, keswadayaan dan kekerabatan, yang berorientasi kepada kepedulian pembangunan, baik ranah dan rantau, dengan falsafah Barek Samo di Pikua, Ringan Samo di Jinjiang,” tukasnya.

Genius menyebutkan bahwa Pembangunan yang kita lakukan di Kota Pariaman, mengutamakan dengan sistem gotong royong, antara pemerintah dengan masyarakat dan juga para perantau, khusus nya di Kecamatan Pariaman Selatan, banyak pembangunan yang sudah kita lakukan,

“Pembangunan tersebut di antara nya adalah membangun Pasar Kuraitaji dan Los Lambung serta pembukaan jalan baru dari desa sunur sampai kurai taji, dimana jaln ini terbangun karena kebersamaan masyarakat dengan pemerintah,” tuturnya.

Lebih lanjut Genius juga mengharapkan agar pengusaha Piaman yang ada dirantau, yang telah sukses dan berhasil, agar jangan melupakan kampung halaman, dan kiranya dapat berkrontibusi terhadap kemajuan daerah asal mereka, sehingga anak kamanakan dan keluarga yang ditinggal di ranah, akan lebih maju dan sukses lagi, ucapnya.

“Kalau sudah berhasil di rantau, jangan lupakan kami yang ada di ranah, bantu kami di pemerintahan dengan apa yang saudara bisa, baik berinvestasi ke daerah, membantu berbagai program pemerintah, maupun menjadi orang tua asuh, karena kami mempunyai program unggulan, SAGA SAJA (Satu Keluarga Satu Sarjana), untuk mengkuliahkan anak-anak kita yang kurang mampu ke kampus-kampus vokasi terbaik di indonesia,” ungkapnya.

Terakhir, Genius berpesan, agar masyarakat yang ada se Jabodetabek ini, selalu bersatu dan menguatkan organisasi, sesuai dengan tema kegiatan ini “Dengan semangat kebersamaan, kito jalin silaturahmi di perantauan, Saciok Bak Ayam Sadanciang Bak Basi, Basamo Mangko Manjadi,” ulasnya mengakhiri. (J)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini