Hadapi Tantangan Masa Depan, UPT Pengembang Kewirausahaan dan Karir UIN Imam Bonjol Padang Bekali Calon Wisudawan dengan Bimbingan Karir

0
1408
Padang TIME | UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir UIN Imam Bonjol Padang gelar acara Bimbingan Karir pada calon wisudawan angkatan Ke-90 dengan tema “Bekali Diri Dengan Memasuki Persaingan Dunia Usaha dan Industri”, pada Selasa 24 Oktober 2023.
Acara Bimbingan Karir Calon Wisudawan tersebut dihadiri oleh calon wisudawan dan wisudawati angkatan ke-90 di Gedung J, kampus III Sungai Bangek. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Welhendri Azwar, S.Ag, M.Si, Ph.D.
Kepala UPT Winbaktianur, M.A mengucapkan selamat kepada para calon wisudawan dan wisudawati Angkatan Ke-90,
“Acara ini merupakan kegiatan bimbingan kepada adik-adik yang akan wisuda, setelah pengambilan toga dan pengembalian ke kampus, agar adik-adik menghubungi kampus agar target poin penuh untuk menelusuri alumni”. Ia juga berharap agar UPT ini dapat berkembang dan dikenal oleh seluruh mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang serta berkembang lebih baik lagi.
“Saya berharap UPT ini dapat dikenal oleh seluruh mahasiswa UIN IB Padang, dan mohon untuk dukungan dari semua alumni agar saling berkabar, karena kita perlu kerjasama dalam membangun dan UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir.
Dalam sambutannya, Wakil Rektor III mengatakan “Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib untuk calon wisudawan dan wisudawati angkatan ke-90, dengan berkembangnya kehidupan secara dinamis perlu adanya perembukan dunia kerja, dan hal ini menjadi kesempatan untuk merebut peluang di dunia kerja.
Beliau juga memberikan harapannya semoga tahun depan acara bimbingan untuk calon wisudawan dan wisudawati lebih baik lagi.
Sebagai narasumber pertama, Reni Iskandar, M.Si, Psikolog mengatakan bahwa dalam dunia kerja di butuhkan tes psikotes, “Pada umunya beberapa instansi melakukan tes psikotes kepada para pelamar kerja dalam proses rekrutment untuk mengetahui tiga poin penting yaitu, unsur kognitif, emosional, dan perilaku pribadi, hal ini dilakukan dengan tujuan agar mengetahui kualifikasi yang di butuhkan oleh perusahaan”.
Dalam tambahannya Reni Iskandar meluruskan, “Tes Psikotes bukan jalan satu-satunya dalam proses rekrutment kerja di perusahaan, melainkan hanya salah satu dari syarat penting yang harus dilewati” tuturnya.
Kemudian Lala Septiyani Sembiring , M. Psi. Psikolog sebagai narasumber kedua
menyampaikan isi materinya mengenai Curriculum Vitae atau CV yang baik dan benar.
“Di dalam CV harus ada Identitas diri, riwayat pendidikan, keterampilan, pengalaman,dan informasi lain tentang diri. Selain itu di dalam cv juga harus menggunakan font yang rapi dan mudah dibaca.” Kegiatan yang dihadiri oleh 430 peserta ini berjalan lancar. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini