Genius Umar silaturahmi dengan Ketua KASN, Agus Pramusinto, sampaikan kiat pemko Pariaman

0
369

PadangTIME.com -Wali Kota Pariaman, Genius Umar, silaturahmi dengan Ketua KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara), Agus Pramusinto, sampaikan kiat pemko Pariaman tingkatkan layanan kepada masyarakat. Bertempat di Gedung KASN, Cikoko, Kecamatan Pancoran, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Senin (6/2).

Selain Ketua KASN, Agus Pramusinto, hadir juga Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto, dan beberapa pejabat tinggi KASN Lainya, serta dari Pemerintah Kota Pariaman, Wako Genius didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ferialdi.

“Kita harus bisa mereformasi diri kita, apalagi ASN untuk berubah dan memberikan pelayanan terbaik, serta mempercepat pelayanan kita kepada masyarakat dengan melakukan 4 (empat) hal, yaitu, pertama speed (kecepatan), kedua inovasi, ketiga marketing, dan keempat pemanfaatan TI, ” ungkap Genius.

Pertama, dalam bekerja orang yang cepat akan mengalahkan orang yang lambat, bukan orang yang kecil dikalahkan oleh orang yang besar, oleh karena itu speed atau kecepatan sangat diperlukan sekali dalam bekerja, ujarnya.

“Kedua adalah inovasi, inovasi harus selalu dilakukan untuk mengatasi berbagai keterbatasan, sehingga inovasi tersebut bisa menjalankan berbagai kebijakan daerah, menjalankan program daerah, dan menjalankan berbagai program untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, agar pelayanan kepada masyarakat bisa menjadi lebih baik, dan Pemko Pariaman sangat konsen dengan inovasi yang dilakukanya,” tukasnya.

Genius menambahkan, hal Ketiga yaitu marketing, marketing merupakan bagian dari publik akuntabilitas, jadi apa yang dikerjakan harus harus dipertanggung jawabkan kepada rakyat dan negara, karena kerja yang dilakukan tersebut dibiayai oleh negara.

“Untuk hal terakhir atau Keempat, kita saat ini telah mengembangkan Teknologi Informasi (TI) dalam berbagai aktiftas layanan dan pengawasan kinerja pegawai ASN, mulai dari kehadiran secara ASN secara elektronik, serta berbagai aplikasi yang memudahkan masyarakat, dalam berurusan dengan birokrasi yang rumit diwaktu dulu,” terangnya.

Disamping silaturahmi dengan ketua KASN yang merupakan mantan dosen Genius Umar, juga sebagai ajang sharing informasi dan meminta arahan dari Ketua KASN, terkait dengan berbagai hal yang ada di pemerintahan Kota Pariaman.

“Kota Pariaman juga mendapatkan penghargaan dari Ombudsman terkait Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik. Semoga dengan adanya silaturahmi ini, KASN dapat melihat kinerja dari Pemko Pariaman dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat, sehingga ASN benar-benar mempunyai jiwa melayani, bukan dilayani,” tutupnya.

Sementara itu Ketua KASN, Agus Pramusinto mengatakan bahwa pengembangan mutu layanan menjadi fokus bagi Komisi Aparatur Sipil Negara, dalam meningkatkan kualitas layanan. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh ASN merupakan faktor penting dalam mengembangkan suatu sistem pelayanan yang tanggap terhadap kebutuhan pengguna layanan, efektif dalam memberikan layanan, serta efisien dalam penggunaan anggaran dan waktu pelayanan.

“Sebagai Institusi Pemerintah, KASN menyadari bahwa performa organisasi tidak semata diukur  dengan kinerja teknis, tetapi juga tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh KASN,” ucapnya.

Untuk itu, Agus menambahkan, KASN melakukan penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tahun 2022 untuk mengetahui dan mengukur kinerja pelayanan yang telah dilakukan KASN. IKM bertujuan untuk mendapatkan gambaran mutu layanan KASN selama Tahun 2022 dalam rangka merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas layanan, ulasnya mengakhiri. (J)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini