Genius Umar Ajak Komisi V DPR RI Survey Lapangan dari Usulan Pembangunan Inftastruktur

0
445

PadangTIME.com – Genius Umar mengajak rombongan Komisi V DPR RI yang diketuai oleh Muhammad Iqbaldari FPPP (Sumbar II) menyurvey ke lapangan guna melihat infrastruktur pembangunan Kota Pariaman yang masih membutuhkan bantuan dana dari pusat untuk penyelesaiannya, Kamis (19/1).

Genius mengajak rombongan melihat kondisi pasar basah yang ada di Kota Pariaman. Ia menyampaikan kepada Komisi V DPR RI tentang pembangunan pasar basah yang rencananya akan berlokasi di sekitar pasar ikan yang ada saat ini, dan nantinya akan dihubungkan dengan jembatan layang (skybridge) antara Pasar Rakyat Pariaman dengan Pasar Basah, sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas jual beli.

“Jika proposal pembangunan pasar basah ini disetujui oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dan Kementerian Perdagangan, pembangunannya akan segera kita laksanakan, karena pembangunan pasar basah ini sangat berdampak sekali pada peningkatan ekonomi masyarakat ke depannya sehingga kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman juga semakin meningkat”, jelas Genius.

Tujuan kedua Genius membawa rombongan Komisi V DPR RI menyusuri akses jalan baru non budgeter dari Manggung, Naras, Balai Naras, Naras Hilir sampai ke Padang Birik Birik, di Kecamatan Pariaman Utara, yang berada di sepanjang pantai daerah tersebut.

Genius terangkan bahwa akses jalan di tepi pantai ini, akan menunjang pariwisata di Kecamatan Pariaman Utara. Jalan dari Pantai Manggung sampai Pantai Belibis Padang Birik Birik yang berada di kawasan tepi pantai ini, akan tersambung satu dengan lainnya, sehingga akan memunculkan destinasi wisata baru di Kota Pariaman.

Selanjutnya Genius dan rombongan bertolak menuju ke lokasi pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang peruntukannya adalah untuk masyarakat Kota Pariaman.

Setelah itu Genius dan rombongan menuju Terminal Jati Kota Pariaman. Kepada M. Iqbal Genius ungkapkan bahwa rencananya akan dilakukan pembangunan revitalisasi terminal jati menjadi Tipe A di tahun 2023 ini.

Hal ini juga telah diusulkan langsung oleh Genius kepada Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi.    Jika terminal ini di revitalisasi maka akan menghidupkan kembali aktivitas masyarakat, jasa industri dan pariwisata, yang nantinya akan berdampak ekonomi bagi masyarakat kita, karena pengembangan kawasan ini nantinya adalah sebagai kegiatan ekonomi dan produksi.

Kunjugan berikutnya survey ke jalan lingkar selatan non bugedter di sepanjang aliran sungai Batang Mangor, yang ditargetkan 11,5 km melalui swadaya dan gotong royong dengan masyarakat untuk mendukung program waterfront city.

Survey terakhir Genius mengajak rombongan Komisi I DPR RI ke Jembatan Gantung yang berada di Desa Kampung Apa. Disitu Genius mengusulkan untuk bisa membangun jembatan baru secara permanen untuk mempermudah akses jalan masyarakat Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. (tachi desi)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini