FPK-UNP Gelar Kuliah Umum, Pentingnya Etika & Keperawatan Berkualitas

0
393

Padang TIME.com – Guna mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas sekaligus kompetensi lulusan. Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) terus kembangkan tradisi akademik.

Dimana Rabu tanggal 24 Mei 2023, Departemen FPK UNP menggelar Kuliah Umum mengangkat tema: Pentingnya Kode Etik Keperawatan dalam Membangun Etika Perawat Menuju Pelayanan Keperawatan Berkualitas.

Kegiatan dihadiri ini Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Sumatera Barat, Ns. Meta Seprinel, S.Kep., MM

Dekan FPK UNP, Dr. Suryanef, M.Si. dalam sambutan menyampaikan FPK UNP berkomitmen untuk menjadi salah satu fakultas yang memiliki reputasi, unggul serta profesional, khususnya dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Oleh karena itu upaya membangun tradisi akademik yang mumpuni merupakan sebuah keniscayaan, terutama dalam era disrupsi teknologi saat ini.

Hal tersebut mendorong sivitas akademika FPK UNP terus berbenah diri dengan meningkatkan kapasitas dalam riset dan publikasi serta hilirisasinya dan juga pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.

“Alhamdulillah, saat ini telah diperoleh SK Rektor UNP Nomor 403/UN35/OT/2023 tanggal 21 Maret 2023 dan Nomor 413/UN35/OT/2023 tanggal 24 Maret 2023 bagi penyelenggaraan Prodi S-1 Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners setelah LAM-PTKes menyatakan bahwa kedua prodi ini telah memenuhi akreditasi minimal melalui SK-nya Nomor 0011/LAM-PTKes/Akr PSB.PTN-BH/Sar/III/2023 tanggal 10 Maret 2023 serta Nomor 0012/LAM-PTKes/Akr PSB.PTN-BH/Pro/III/2023 tanggal 10 Maret 2023, ” Demikian paparnya.

Ketua DPW PPNI Sumbar, Ns. Meta Seprinel, S.Kep., MM. Paparannya mengelaborasi urgensi dari kode etik perawat dalam pelaksanaan profesi perawat. Perawat secara faktual tidak hanya berhadapan dengan pasien, tetapi juga dengan lingkungan sejawat, serta masyarakat, Katanya.

Dalam konteks ini, sangat dibutuhkan kemampuan berkomunikasi serta kompetensi keperawatan agar pasien juga stakeholder lainnya memiliki kepuasan terhadap kinerja yang dilakukan.

Sebagai calon perawat, Ketua DPW PPNI harust memiliki sensitifitas terhadap dinamika kekinian dari regulasi yang mengatur kesehatan dan berbagai aspek terkait di dalamnya. Khususnya berkenaan dengan RUU Kesehatan (Omnibus Law) yang menggabungkan 13 UU berkaitan dengan kesehatan.

Sedangkan, Ketua Departemen Keperawatan FPK UNP, Ns. Sandra Dewi, S.Pd., S.Kep, M.Kes. Melaporkan kegiatan kuliah umum tersebut merupakan salah satu program penting bagi peningkatan kualitas lulusan.

“Program ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan dengan melibatkan para akademisi serta praktisi sesuai keilmuan dalam lingkup Keperawatan”,. (Humas)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini