padangtime.com | Tangerang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar Forum Lintas Perangkat Daerah di Ballroom Hotel Yasmin pada Selasa (11/02/2025). Forum ini menjadi wadah untuk menjaring aspirasi guna penyempurnaan rencana kebijakan dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) tahun 2026, yang mengusung tema Penguatan Pondasi Transformasi Sosial, Ekonomi, Tata Kelola Pemerintahan, Infrastruktur, dan Ekologi.
Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Firzada Mahalli, menekankan bahwa forum penyelenggaraan ini mempertimbangkan keselarasan visi dan misi serta efektivitas kebutuhan. Forum tersebut dapat diselenggarakan secara mandiri oleh masing-masing perangkat daerah atau secara gabungan di bawah koordinasi Bappeda.
“Forum ini membahas rencana Rencana Kerja Perangkat Daerah dengan menggunakan program kerja prioritas sebagai bahan untuk menyempurnakan rencana Renja Perangkat Daerah, yang difasilitasi oleh Perangkat Daerah terkait,” ujarnya.
Firzada berharap agar rencana kegiatan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaras dengan visi dan misi Bupati terpilih, sehingga pelaksanaan program tahun 2026 dapat berjalan dengan keselarasan dan kolaborasi yang optimal.
“Forum ini merupakan bagian dari kolaborasi, di mana semua OPD memiliki satu tujuan, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, program yang diusulkan oleh setiap OPD harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Ujang Sudiartono, menjelaskan bahwa Forum Lintas Perangkat Daerah kali ini diikuti oleh tujuh perangkat daerah yang memiliki peran dalam mewujudkan Tata Pemerintahan yang Baik, Efisien, dan Akuntabel.
“Dari pemaparan para Kepala OPD tadi, rencana Renja tahun 2026 yang masuk dalam bidang pemerintahan harus dipastikan selaras dengan peningkatan pelayanan publik, RPJPD, serta Program Unggulan 2026, terutama program PRIMA (Pemerintahan Inovatif Maju dan Semangat),” jelasnya.
Sekadar informasi, tujuh OPD yang berperan dalam mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Efisien, dan Akuntabel meliputi Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, Bappeda, BKPSDM, Diskominfo, serta Disdukcapil.