Padang TIME | Fakultas Psikologi dan Kesehatan UNP jalani asesmen lapangan untuk Program Studi Pendidikan Profesi Ners untuk capaian akreditasi minimal oleh LAM-PTKes (20-21/2).

Ini merupakan tindak lanjut dari pengajuan borang dan naskah akademik ke LAM-PTKes pada awal Januari 2023 setelah mendapatkan rekomendasi Senat Akademik Universitas Negeri Padang hampir setahun yang lalu, tepatnya 23 Februari 2022.
Asesor dari LAM-PTKes yang hadir pada asesmen lapangan ini adalah Ns. Sri Hartini, S.Kep., M.Kes., Ph.D dari Universitas Gadjah Mada dan Dr. Ns. Tahir, S.Kep, M.Kes. dari Universitas Hasanuddin.
Kegiatan asesmen lapangan dibuka oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri Ph.D yang pada sambutannya menyampaikan bahwa UNP memberikan dukungan penuh untuk pengembangan Prodi Pendidikan Profesi Ners yang ditunjukkan dengan kesiapan sarana dan prasanana pembelajaran seperti laboratorium dan kelengkapannya yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Dalam pembukaan asesmen lapangan tersebut, Dr. Suryanef, M.Si. selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan menyampaikan profil Fakultas dan Prodi. Cakupan profil yang disampaikan terkait dengan visi-misi dan tujuan fakultas, serta prodi.
 Disamping itu juga berkenaan dengan profil lulusan, capaian pembelajaran, kurikulum serta sarana prasarana yang mendukung penyelenggaraan perkuliahan.

Pembukaan asesmen juga dihadiri Wakil Rektor 1 dan Wakil Rektor 2, Pimpinan Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Ketua dan Sekretaris BPMI, Kabiro Umum dan Keuangan, Tim Task Force Pembukaan Prodi Pendidikan Profesi Ners, serta Kasubag Umum dan tenaga kependidikan.

Sejak bergabung dengan UNP, Departemen Keperawatan alami peningkatan jumlah peminat calon mahasiswa dari tahun ke tahun
serta prestasi pada Ujian Kompetensi tahun 2022 yaitu penghargaan sebagai institusi Kelulusan Terbaik dengan peserta 75-100 Gelombang 1 tahun 2022
dari Asosiasi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPViKI).
Rektor berharap standar akreditasi minimal untuk pembukaan prodi baru Pendidikan Profesi Ners dapat memenuhi
Universitas siap mendukung pengembangan UNP di Pariaman  pembangunan fasilitas gedung dan laboratorium untuk mempermudah proses belajar.
Saat pelaksanaan asesmen lapangan Asesor   kunjungan langsung ke kampus Keperawatan di Pariaman untuk melakukan pengecekan faktual dan validasi data sesuai dengan borang yang telah dipublikasikan ke LAM-PTKes.
Pada hari kedua, asesor melakukan kunjungan ke wahana pendidikan yaitu RS. M. Djamil Padang yang akan menjadi lokasi praktik mahasiswa Pendidikan Profesi Ners nanti.
Selama berada di rumah sakit, asesor bersama pihak terkait menyangkut kecukupan perseptor sebagai pembimbing praktek klinis mahasiswa
kelengkapan sarana prasarana serta kesiapan rumah sakit membangun kompetensi lulusan. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini