Edukasi Pengolahan Limbah Organik Menjadi Ecoenzyme di Nagari Wisata Silokek

0
1089
Padang TIME | Kolaborasi Departemen Biologi dan Departemen Agroindustri
Universitas Negeri Padang (UNP) kembali melaksanakan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Nagari Silokek, Kabupaten Sijunjung pada hari Rabu 6 September 2023.
Pengabdian masyarakat yang diketuai Dr. Vauzia, M.Si ini mengambil tajuk
tentang pemanfaatan limbah organik rumah tangga menjadi produk ecoenzyme.
Kegiatan pengabdian dibuka oleh Sekretaris Nagari Silokek, kemudian dilanjutkan
dengan penyampaian materi seputar ecoenzyme oleh narasumber sekaligus sekretaris Center of Research on Recycling Organic Waste Management (CRROWM), Siska Alicia Farma, S.Pd., M. Biomed.
Dalam penyampaian materinya Siska Alicia menjelaskan  bahwa sampah dapur
merupakan limbah yang paling dekat dengan lingkungan kita, dan langkah kecil
yang dapat kita lakukan untuk menguranginya adalah dengan memanfaatkannya
menjadi sesuatu yang lebih berguna.
Selanjutnya Siska menjelaskan, ecoenzyme yang berasal dari sampah rumah tangga ibu-ibu dapat juga digunakan sebagai kompos  juga cairan pembersih. Selama penyampaian materi, peserta acara yang umumnya ibu-ibu kader di nagari Silokek sangat antusias dan aktif bertanya.
Antusiasme masyarakat sekitar pun semakin meningkat saat praktek pembuatan ecoenzyme secara langsung. Semua peserta pengabdian ini turut andil dalam segala proses pembuatan. Dimulai dari menakar air, menambahkan gula, dan terakhir memasukkan bahan organik, yaitu sampah sayur dan buah.
Kegiatan kolaborasi ini juga dihadiri oleh pimpinan Departemen Agroindustri oleh Resti Fevria, S.TP., M.P dan civitas akademika yaitu Santi Diana Putri, S.Si, M,Si, Roni Jarlis, S.Si, M.Pd, Ananto, S.Si, MP, Afrini Dona, S.Pt, M.Si dan Pimpinan Departemen Biologi Dr. Dwi Hilda Putri, Bio.Med beserta jajarannya yaitu Dr. Helendra, MS, Dr. Heffi Alberida,M.Si, Dr. Muhyiatul Fadilah, M.Pd, Dr. Fitri Arsih, M.Pd, Rahmawati D, M.Pd, Elifia Zulfa Endela, M.Pd. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang melibatkan masyarakat di Nagari Silokek sangat diapresiasi oleh Dr. Yulkifli, M.Si selaku Dekan FMIPA UNP yang disampaikan via telepon.
Tidak hanya tertarik terhadap pengolahan limbah organik di sekitar, ke depannya masyarakat Nagari Silokek juga berharap mendapatkan edukasi mengenai bank
sampah. Hal tersebut bertujuan agar Nagari yang sedang mengembangkan sektor wisatanya tersebut menjadi lebih mandiri dalam penanganan masalah lingkungan. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini