DPRD Sumbar Minta Pemprov Riau Realisasikan Kerja Sama Tiga Sektor

0
235

PadangTime.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat meminta agar Pemprov Riau merealisasikan rencana kerja sama di tiga sektor yang telah disepakati. Tiga sektor yang menjadi kesepakatan tersebut adalah sektor pertanian, kepariwisataan dan infrastruktur. Hal ini disampaikan Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Provinsi Sumatera Barat kepada Pemprov Riau melalui DPRD daerah itu dalam studi tiru ke daerah tetangga tersebut, Senin (8/5/2023).

“Kami berharap Pemprov Riau melakukan percepatan terhadap rencana kerja sama menyangkut tiga sektor tersebut,” kata anggota Bamus DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Datuak Intan Malawani.

Dia menambahkan, kerja sama antar Pemprov Sumatera Barat dan Riau merupakan sebuah kerja sama yang sangat strategis untuk ke dua daerah. Salah satu alasannya, Sumatera Barat merupakan daerah penghasil bahan-bahan pokok pertanian dan menyuplai sebagian besar kebutuhan Provinsi Riau.

Sementara itu, H. M. Nurnas, anggota Bamus DPRD Provinsi Sumatera Barat lainnya menyampaikan, Bamus DPRD memiliki rencana kerja dan rencana strategis. Dua unsur tersebut memiliki batas waktu.

“Dalam pemeriksaan BPK, jadwal Bamus merupakan dokumen penting yang diminta. Jadi setiap kinerja yang terkait dengan rencana kerja dan rencana strategis akan dijadikan buku sebagai pegangan,” kata Nurnas.

Dia menambahkan, jadwal Bamus ditetapkan melalui rapat paripurna dan ketika harus dilakukan perubahan juga harus melewati rapat paripurna. “Jadi, ketika BPK melakukan pemeriksaan, yang dilihat adalah jadwal Bamus,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Irsyad Syafar menyampaikan, sebagai daerah bertetangga, Sumatera Barat dan Riau telah banyak menyepakati dan melakukan kerja sama.

“Sehingga dalam kesempatan ini, juga membahas mengenai kerja sama karena selain studi tiru Bamus DPRD Sumatera Barat ke Riau,” ujarnya.

Menurutnya, berkaitan dengan tugas pokok dan funsgi Bamus, DPRD Sumatera Barat ingin menggali informasi dari DPRD Riau untuk menguatkan peran ke depan. Apa saja inovasi yang dilakukan dan bagaimana menyelesaikan permasalahan atau kendala sehingga juga bisa ditiru oleh DPRD Sumatera Barat.

Irsyad menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh DPRD Riau dalam kunjungan tersebut. Dalam pertemuan itu, Bamus DPRD Sumatera Barat dan Riau saling berbagi informasi mengenai tupoksi Bamus dalam menyusun agenda kedewanan sehingga tugas dan fungsi DPRD bisa berjalan secara maksimal (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini