Distan Agam Jadikan Pasia Laweh Sentra Pembibitan Sapi

0
321
PadangTIME.com |  Dinas Pertanian Kabupaten Agam bakal jadikan Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, sebagai sentra pembibitan sapi di daerah itu.
Hal ini untuk menjamin ketersediaan bibit sapi unggul di Kabupten Agam, sehingga diperlukan kawasan sebagai sentra pembibitan.
“Kita lihat Nagari Pasia Laweh miliki potensi dalam pengembangan sapi, lahan pengembalaannya juga cukup bagus untuk dijadikan sentra pembibitan ternak sapi,” ujar Kepala Dinas Pertanian Agam, Afniwirman, Jum’at (2/9).
Ia mengakui, kini kebutuhan bibit sapi yang berkualitas di Agam masih belum mencukupi. Akibatnya peternak harus ke luar daerah untuk mendapatkan anak sapi.
“Apabila kita di Agam sudah miliki sentra pembibitan sapi, diyakini kebutuhan anak sapi yang unggul dapat terpenuhi,” sebutnya.
Membahas hal ini, Dinas Pertanian Agam sudah menemui pihak kecamatan dan nagari Rabu kemaren.
Rencana ini disambut baik pihak kecamatan, nagari dan tokoh masyarakat. Bahkan dalam pertemuan itu, pemerintah nagari sudah siapkan calon lokasinya.
“Kita sudah siapkan calon lokasi untuk pembibitan sapi ini, tanpa dipungut biaya selama 25 tahun ke depan,” kata Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin.
Ia mengatakan, ada 2 lokasi yang dapat dijadikan sebagai sentra pembibitan sapi, pertama seluas 6 hektar dan kedua 20 hektar, dengan luasan penyangga capai 100 hektar.
Namun, ia berharap tenaga kerjanya mengutamakan masyarakat lokal, tentu yang telah memenuhi standar teknis yang dibutuhkan.
“Kita akan siapkan dan penuhi berbagai persyaratan, agar rencana ini dapat terwujud,” tukasnya. (RH/pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini