Diskominfo dan BPS Pessel Berkolaborasi Dalam Penyusunan Metadata dan Rekomendasi Statistik Sektoral

0
1395
Padang TIME | Kegiatan Rapat Monev Penyusunan Metadata dan Rekomendasi Statistik  Sektoral dalam Perencanaan dan Evaluasi ke Pembangunan Daerah, selama 1 (satu) hari di hotel Triza Painan, Rabu (8/11/2023).
Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Pesisir Selatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Irwan fahlifi, SH , Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kominfo yang bekerja sama dengan BPS Pesisir Selatan, dihadiri perwakilan seluruh OPD di Pesisir Selatan.
Rapat ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Teknis Metadata  bulan Agustus yg lalu dibawah kolaborasi Dinas Kominfo dan BPS Pessel , penyusunan Metadata dan Rekomendasi ini, dikarenakan OPD setelah dilakukan perlengkapan masih ada beberapa yang belum lengkap, untuk itu diadakan rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi penyusunan Metadata dan Rekomendasi .
Menurut UUD No. 16 tahun 1997 tentang Statistik bahwa, data Statistik itu terdiri dari 3: Statistik Dasar, Statistik  Sektoral, Statistik  Khusus, untuk Kementrian, lembaga  dan Dinas instansi adalah Statistik Sektoral, dimana setiap lembaga/instansi yang menghasilkan data harus disusun Metadata dan  mengajukan rekomendasinya di wilayah masing masing.
Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Irwan fahlifi, SH, berharap Semoga kgiatan ini berjalan lancar, dan mengucapkan apresiasi atas  antusiasme dari pejabat pengolah data yang hadir pada kegiatan ini
“untuk kedepanya kegiatan ini bisa terus dilaksanakan, sehinggga data yg dihasilkan oleh perangkat daerah/ Statistik Sektoral lebih terukur, valid, dan bisa dimanfaatkan”pungkasnya. 
Selanjutnya harapan dari Kepala BPS  yang diwakili oleh Dolly Mantora Hazmi, S.Si, M.E Analis APK APBN, ia menjelaskan  Kegiatan evaluasi ini sangat bermnfaat terutama dalam pnympurnaan kgiatan data statistik sektoral,   krna memang meta data mrupakan prinsip dalam Satu data indonesia,  
“diharapkan seluruh kegiatan Statistik Sektoral  yg dilksanakan lingkup pemda pessel untuk mnyampaikan Rekomendasi kegiatan Statistik Sektoral serta menyampaikan Metadatanya.” tutupnya. (*)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini