Departemen Agroindustri adakan Seminar Nasional bahas Ketahanan Pangan bersama Audi Joynaldi

0
2115
Padang TIME | Departemen Agroindustri FMIPA UNP hari ini mengadakan seminar nasional bertema ketahanan pangan di Gedung Muato Pancasila Sijunjung (23 /10/23)Sebagai keynote speaker pada acara Wakil Gubernur Sumbar, Dr. Ir. Audi Joynaldi, S.Pt, M.Si, IPM, MM. Asia, Inggris.
Dalam penyampaiannya, Wagub Audy memberikan motivasi kepada seluruh siswa untuk giat belajar, karena telah memilih jalan yang benar. Agroindustri ini kini menjadi salah satu ceruk pekerjaan yang menjanjikan di masa depan, terutama bagi generasi milenial yang melek teknologi. Di era industri 4.0, kecepatan dan keseriusan dalam mengambil peluang sangat menentukan kesuksesan Anda.
Lebih lanjut Audi juga menjelaskan posisi Sumbar dalam pembangunan pertanian di Indonesia, bahwa Sumbar berada pada peringkat 11 Indonesia dalam hal ketahanan pangan. “Sebagai provinsi yang basis ekonomi dan budayanya agraris, kita mempunyai peluang untuk meningkatkan produksi agro, apalagi Sumbar memiliki tanah yang subur,” jelasnya.
Pak Audi juga memberikan kuis dan membagikan buku serta uang elektronik kepada siswa. Mahasiswa sangat senang dan antusias mengikuti kuliah umum yang disampaikan oleh Wakil Gubernur.
Narasumber lain pada seminar nasional tersebut, Prof.Dr.Abdul Razak M.Si dari FMIPA UNP yang memaparkan tentang teknologi nano yang sedang berkembang saat ini. Berturut-turut pemateri selanjutnya Fitra Syawal Harahap, SP, M. Agr dari Agroteknologi Universitas Labuhan Batu Sumatera Utara serta Dr. Ir Edwin, SP dari Universitas Andalas. Masing masing bicara tentang kultur tanah dan tanaman dan perkembangan pertanian. 
Dalam sambutan pembukaan, dekan FMIPA UNP Dr. Yulkifli M. Si mengatakan bahwa seminar nasional ini merupakan program rutin agroindustri sebagai komitmen untuk pengembangan ilmu pertanian dan pangan. Lebih lanjut pak dekan menjelaskan, bahwa kedepan kerjasama UNP  dalam hal ini akan terus ditingkatkan. 
Hadir juga dalam acara ini bupati Sijunjung yang dalam hal ini diwakili oleh asisten 3 bapak Muhadiris SP. ME. Yang menjelaskan keberadaan kabupaten Sijunjung sebagai kabupaten yang potensial dalam mendukung program ketahanan pangan, tinggal kerja sama dan sinergitas yang perlu ditingkatkan dengan pihak perguruan tinggi terutama Agroindustri kampus Sijunjung. 
Acara seminar berjalan lancar, dimulai jam 08.00 dan selesai jam 12.30 dengan dimoderatori oleh Santi Diana Putri SP, M.Si. Kemudian acara berlanjut di ruang zoom yang membahas materi para pemakaian. 
Hadir juga dalam acara tersebut camat se kabupaten Sijunjung, Kepala OPD, dan Kepala departemen Agroindustri  Resti Fevria, MP, seluruh dosen dan sivitas akademika Agroindustri kabupaten Sijunjung.
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini