Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Teken Kerjasama dengan Kejari dan Polres Pesisir Selatan

0
383

PadangTIME.com – Bupati Rusma Yul Anwar teken nota kesepahaman dengan kejaksaan negeri, dan Polres Pesisir Selatan, Senin (20/3/2023). Rusma Yul Anwar menegaskan, penyelenggaraan pemerintah daerah yang meliputi tugas-tugas umum pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan secara langsung bersentuhan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Kondisi tersebut menjadi kewajaran adanya rasa ketidakpuasan atas penyelenggaraan pemerintah daerah yang diaplikasikan dalam bentuk pengaduan pada pihak-pihak terkait yang berfungsi dalam tugas-tugas pengawasan.

Dalam bentuk lain pengaduan ini juga dapat berkaitan dengan program-program pembangan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Untuk penanganan pengaduan yang disampaikan masyarakat terkait kegiatan pembangunan dilaksanakan, dan menjadi tugas pemerintah daerah tersebut dibutuhkan sinergisitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH).  Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) adalah instansi pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi pokok melakukan pengawasan.

Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Peraturan Pemerintah (PP) No 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Dalam pengadaan barang dan jasa yang dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dapat menerima pengaduan dari masyarakat dan aparat penegak hukum.Selanjutnya APIP melaporkan hasil tindak lanjut pengaduan kepada menteri, pimpinan lembaga, atau kepala daerah. (PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini