Bupati Pesisir Selatan Rusma Yu Anwar Bangga Gunakan Sepatu Katidiang Produk Lokal

0
632
Bupati Pesisir Selatan , Rusma Yul Anwar menyatakan rasa bangga menggunakan sepatu katidiang produk lokal yang dibuat oleh Nursal, 46 tahun di Nagari Talaok, Kecamatan Bayang.
Selain menjadi kebanggaan, pemerintah daerah juga terus mendorong tumbuhnya UMKM yang bisa memiliki potensi pasar yang potensial.
Tentu saja, kata Rusma seiring dengan perkembangan dari berbagai industri kecil menengah yang ada di daerah itu juga dapat menyerap tenaga kerja yang lebih banyak.
Setidaknya, masyarakat lokal bisa dilatih dan bekerja jika memang pasarnya potensial dan banyak peminat.
“Nah, untuk langkah awal, kita akan coba masifkan dulu sepatu katidiang ini. Bagaimana produk ini bisa diterima oleh masyarakat Pesisir Selatan,” jelas Bupati.
Sebagai bentuk dukungan, Rusma Yul Anwar meminta jajaran organisasi perangkat daerah untuk menggunakan sepatu katidiang. Bahkan saat ini, ia juga telah menggunakan produk lokal tersebut dalam berbagai agenda.
Selain itu, Wakil Bupati Rudi Hariyansyah, Sekretaris Daerah, Mawardi Roska serta Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi juga ikut memakai produk lokal Pesisir Selatan itu.
Ke depan, yang bupati inginkan adalah daerah Pesisir Selatan mempunyai satu ciri khas produk. Ketika orang berbicara mengenai satu produk, maka hal itu akan identik dengan Pesisir Selatan.
“Memang, maunya kita ke depan seperti itu. Harus ada satu ciri khasnya, ada kebanggaan-kebanggaan daerah, ada kebangaan psikologi juga bahwa sepatu ini dibuat di Pesisir Selatan,” tuturnya.
Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pessel Dukung Produk Lokal
Sebagai bentuk dukungan dari pemerintah daerah, Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan, Mimi Riarty Zainul mengatakan pihaknya akan segera membuat E Katalog khusus untuk produk lokal Industri Kecil Menengah (IKM).
Dalam E Katalog itu, semua produk lokal akan dihimpun dengan menampilkan gambar dan merek serta satuan harga.
“Nah, kami sangat mengapresiasi sekali dengan adanya produk lokal yang berkualitas. Kita akan melakukan pembinaan dan dorongan untuk pengembangan usaha yang lebih baik,” jelas Mimi.
Lanjut Mimi, E Katalog IKM yang tengah diupayakan tersebut nantinya akan lebih mudah mendeteksi jenis dan produk asal daerah sendiri, sehingga saat melakukan pembelian dan pengadaan  barang dalam skala yang lebih besar lebih memudahkan.
Ia juga mengarahkan agar rekan pejabat atau organisasi perangkat daerah setempat untuk membeli produk lokal tersebut. Secara pribadi, sebetulnya Mimi telah pernah melakukan pembelian beberapa kali. Kualitasnya diakui memang sangat bagus dan nyaman untuk dipakai.
“Minimal nanti kebutuhan untuk OPD-OPD tertentu kita bisa beli produk ini. Kita akan mengimbau rekan-rekan kerja, karyawan-karyawati dan masyarakat umum lainnya beli produk daerah sendiri. Kalau tidak kita siapa lagi,” tutupnya. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini