Bupati Pesisir Selatan Hadiri Grand Opening Lakitan Farm Usaha Peternakan Berbasis Teknologi

0
204
Padang TIME  | Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menghadiri Grand Opening Usaha Peternakan Ayam dengan sistem Blower di Lubuk Begalung Lakitan Kecamatan Lengayang. Sabtu (18/03)
Lakitan Farm merupakan salah satu usaha peternakan ayam potong yang menggunakan teknologi modern dan salah satu kandang modern yang ada di  Sumatera Barat yang terletak di Nagari Lakitan Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
Turut dihadiri, oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Yozki Wandri, Kepala Dinas Pertanian Madrianto, Perwakilan PT. Petro Kimia, PT. KSM, PT Rajawali, Wali Nagari, Bamus, tokoh masyarakat.
Dendi ilham, SE. Selaku Pemilik Lakitan Farm mengatakan Lakitan Farm ini merupakan peternakan yang berbasis terbarukan, sistem yang ada dipertenakan ini sering digunakan oleh negara-negara maju yaitu menggunakan sistem Otomatis.
“Dan itu yang kita ilmplementasikan di kampung kita pak, artinya satu-satunya peternakan menggunakan teknologi terbaru ada di Pesisir Selatan,” ungkapnya.
Lanjutnya, Nilai kotorannya itu bisa mempunyai nilai ekonomis yang baik, dengan kotoran ini karena nilai mikrobanya sangat bermanfaat untuk tanaman karena kita tidak memakai fram.
Ia berharap, mudah-mudahan kita bisa berkolaborasi dengan pemerintahan daerah untuk pengolahan kotoran ini.
Sementara itu, Bupati Rusma Yul Anwar mengapresiasi anak muda Pesisir Selatan yang telah memberanikan diri membangun usaha peternakan ayam secara modern yang bernama Lakitan farm.
“Anak muda ini telah melaksanakan apa yang ia dapatkan di rantau lalu di implentasikan untuk kemajuan kampung dan nagari, itu yang luarbiasa,” ungkap bupati Rusma Yul Anwar
Bupati mengatakan, Pemerintah daerah senantiasa mewujudkan masyarakat Pesisir Selatan yang lebih sejahtera, lebih maju dan lebih bermartabat.
“Upaya pemerintah dilakukan melalui berbagai program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah dan membuka peluang investasi oleh swasta dan masyarakat,” kata Bupati
Manakala kondisi keuangan daerah yang semakin terbatas, akibat pengetatan ketentuan dari pusat yang mengatur penggunaan keuangan daerah secara rigid sehingga peluang daerah untuk berkreasi mengatur prioritas pembangunan pun semakin sempit. Harapan kami untuk tumbuhnya sektor swasta tentu semakin besar.
Bupati Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah daerah tentu berupaya membuat regulasi yang lebih mudah, Dalam rangka mendorong berkembangnya iklim investasi yang lebih baik di daerah, sehingga munculnya pengusaha-pengusaha yang mau berinvestasi di Pesisir Selatan.
Rusma Yul Anwar gembira sekaligus bersyukur, karena telah muncul investasi di peternakan ayam modern. Semoga ini bisa menjadi pengungkit kemajuan dunia peternakan Kabupaten Pesisir Selatan dan pertanian secara keseluruhan. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini