ad
PadangTIME  – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar membuka kegiatan Bimbingan Teknis Gerakan PKK Provinsi Sumatera Barat tahun 2021 di gedung Painan Convention Center (PCC), Selasa (19/10).
Pada kesempatan itu hadir Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat, Fitria Amalia Audy Joinaldy, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Ny Yunesti Rusma Yul Anwar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Wendi serta undangan lainnya.
Bupati Rusma Yul Anwar dalam sambutannya mengatakan, bimbingan teknis ini menjadi agenda penting untuk kemajuan sebuah organisasi. Namun selama ini banyak kegiatan bimbingan teknis itu hanya sebatas agenda rutin saja.
Akan tetapi, diyakini bimbingan teknis yang dilakukan PKK saat ini akan melahirkan aksi nyata di lapangan, dan hasil bimbingan itu dapat diimplementasikan dengan baik.
Dikatakan, Tim Penggerak PKK diharapkan melakukan gerakan perubahan di tengah-tengah masyarakat. PKK hendaknya juga bisa mendorong mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Disebutkan, bila terwujud kesejahteraan keluarga, maka akan lahir peradaban baru di tengah-tengah masyarakat. “Mari bersama-sama kita wujudkan kesejahteraan masyarakat. PKK juga hendaknya bersinergi dengan visi dan misi pemerintah daerah. Jika hal ini dapat diaktualisasikan, maka kesejahteraan masyarakat akan terwujud,” katanya.
Bupati menambahkan, ke depan perangkat daerah diminta mengalokasikan anggaran untuk mendukung kegiatan-kegiatan PKK.
Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat, Fitria Amalia Audy Joinaldy mengatakan, selain melakukan bimbingan teknis pihaknya juga menjalin silaturahmi dengan pengurus Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se Sumatera Barat, sosialisasi program, motivasi dan meningkatkan wawasan anggota PKK.
Dikatakan, anggota Tim Penggerak PKK se Provinsi Sumatera Barat perlu mengetahui apa saja manfaat dari program yang telah dilaksanakan selama ini. Semua program yang dibuat oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat diimplementasikan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Tapi dalam hal ini dibutuhkan keterpaduan antara kader PKK dengan instansi pemerintah.
“Dengan adanya keterpaduan tersebut, maka PKK mampu melakukan fungsinya secara maksimal. Selanjutnya, PKK menggali potensi dan melakukan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Mengingatkan anggaran terbatas, maka PKK membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan perguruan tinggi,” sebutnya.
“Tim Penggerak PKK akan selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Akan tetapi, kami berharap agar Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memberikan dukungan terhadap program PKK,” harapnya. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here