Apa itu kaderisasi?
Definisi kaderisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah proses pencetakan kader.
Definisi kader  adalah orang yang dipercaya mampu melanjutkan dan melaksanakan tugas-tugas yang ada dalam suatu organisasi.

Dengan kata lain, kaderisasi adalah proses pencetakan manusia-manusia yang memiliki kompetensi yang mapan untuk menjalankan amanahnya dalam suatu organisasi.

Singkat kata, kaderisasi adalah regenerasi. Ibarat seorang ayah mengajarkan nilai-nilai etika bertingkah laku di sekolah kepada anaknya, kaderisasi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan berorganisasi.

Melalui kaderisasi yang efektif dan efisien, hal-hal yang kecil maupun besar seperti visi-misi sebuah organisasi, pencapaian-pencapaian sebuah organisasi, dan hal-hal yang bersifat teknis dalam kepengurusan sebuah organisasi bisa diberikan kepada penerus/pengurus muda sehingga organisasi tersebut bisa berjalan lancar setelah pelantikan pengurus mudamuda.

Kenapa itu acapkali terjadi?
Masalah klasik yang sering kita jumpai di sebuah organisasi adalah kurang/tidak maksimalnya kinerja dari salah satu anggota/departmen/kementerian dan lain-lain yang menyebabkan kaderisasi di sebuah organisasi yang menyebabkan pengurus muda tidak paham jelas bagaimana konsep organisasi yang mereka jalani sehingga terkadang di awal kepengurusan, organisasi tersebut tidak dapat menjalankan program kerja yang sudah ada, bahkan tidak sedikit saat setelah pelantikan pergantian kepengurusan organisasi tersebut “hilang” atau tidak bekerja dengan maksimal bahkan pergerakan dari organisasi tersebut tidak jelas kemana dan bagaimana.
Disebut sebagai Buku Panduan Kaderisasi karena didalam buku ini berisikan kebutuhan internal organisasi yang mutlak harus dilakukan.
Layaknya sebuah hukum alam, ada proses perputaran dan perubahan secara alamiah. Sukses atau tidaknya sebuah organisasi dapat diukur oleh kesuksesannya dalam proses kaderisasi internal yang di kembangkannya.
Artinya wujud dari keberlanjutan organisasi adalah munculnya kader-kader yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan komitmen terhadap dinamika organisasi untuk masa depan. Kaderisasi diharapkan dapat membangun kader-kader untuk menjalankan visi-misi organisasi.
Tanpa kader yang kuat tidak ada organisasi kokoh bisa terbentuk, begitu juga sebaliknya tanpa organisasi yang kokoh sulitlah melakukan kaderisasi yang baik. Sudah tentu kedua hal tersebut harus berjalan seimbang dimana tanpa salah satu maka keduanya tidak akan bermakna apa-apa.
Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Padang periode 2022-2023 (BEM KM UNP 2.3) melalui Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) telah me-launching sebuah buku “Panduan Kaderisasi Mahasiswa Universitas Negeri Padang”. Proses perancangan buku panduan ini dimulai pada tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan dalam sebuah forum diskusi mengenai silabus kaderisasi dengan lembaga eksekutif mahasiswa se-UNP tepatnya pada bulan juli 2021. Selanjutnya, pada tahun 2022 dilakukan diskusi kembali terkait silabus kaderisasi tersebut. Pembuatan buku panduan kaderisasi ini melalui proses yang terbilang panjang yakni kurang lebih 7 bulan.
Adapun deskripsi proses pembuatan buku panduan :
1. Konsolidasi lembaga setingkat UNP
Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan sosialisasi silabus kaderisasi dan menyamakan persepsi serta diskusi kepada seluruh lembaga eksekutif setingkat-UNP dengan masing-masing lembaga di wakilkan pihak PSDM/serupa tentang kaderisasi.
2. Lokakarya Gerakan Baru Kaderisasi Season
Dalam kegiatan kaderisasi ini dilakukan seminar tentang kaderisasi, serta pendiskusian kembali terkait buku panduan kepada lembaga Eksekutif selingkup UNP. Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan kesepakatan lembaga eksekutif.
3. Dilakukan revisi kembali dengan saran saran dari lembaga eksekutif selingkup UNP
4. Dilakukannya kunjungan serta penyerahan buku panduan kaderisasi ke Lembaga Eksekutif Mahasiswa.
Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan silahturahmi, sharing terkait proker, dan juga penyerahan buku panduan kepada lembaga eksekutif, baik HMD maupun BEM Fakultas di Universitas Negeri Padang.
5. Launching Buku Panduan Kaderisasi

Buku panduan ini sudah tersedia dan dapat digunakan oleh seluruh lembaga Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Padang, dan bisa di ambil pada link dibawah ini :

http://bit.ly/BUKUKADERISASIORMAWAUNP

(PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini