BPBD Sumbar Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Bencana Alam

0
228
PadangTIME.com – Sejak beberapa pekan terakhir hingga kini cuaca di Sumbar, khususnya Kota Padang terus dilanda hujan disertai angin kencang. Meski di sejumlah daerah belum terpantau adanya bencana, namun masyarakat tetap diminta siaga dalam satu Minggu kedepan.
Meskipun belum terpantau adanya kejadian bencana di Sumbar, namun Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Sumbar tetap mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah yang sudah terpetakan rawan bencana untuk tetap siaga untuk seminggu kedepan.
“Hal ini mengingat curah hujan dan angin kencang masih akan berpotensi terjadi di wilayah pesisir pantai Sumatera,” Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, Minggu (21/3/2021).
Untuk itu, kata Rumainur lagi, masyarakat juga diminta untuk tidak lengah terhadap fenomena alam yang saat ini bisa saja mendadak berubah-berubah.
“Sementara itu berdasarkan prakiraan cuaca sementara dari BMKG Padang Pariaman, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan angin kencang masih akan melanda kawasan pesisir pantai di Sumbar hingga tiga hari kedepan,” ujar Rumainur.
Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang kembali mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan pada musim penghujan di Kota Padang.
Khususnya, mereka yang tinggal di daerah aliran sungai dan perbukitan harus waspada setiap waktu dikarenakan daerah tersebut rawan bencana seperti banjir, pohon tumbang, dan longsor.
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Sutan Hendra mengatakan berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG hari ini hingga dua hari kedepan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi mengguyur Kota Padang. Hujan diprediksi sering terjadi dari sore hingga malam hari.
“Oleh karena itu, masyarakat diingatkan agar segera melakukan evakuasi apabila hujan lebat telah melanda kawasan pemukiman warga lebih dari 3 jam,” kata Sutan Hendra, Kamis (11/3/2021).
Sutan Hendra juga mengingatkan, pengendara kendaraan yang memasuki Kota Padang agar lebih berhati-hati terutama saat melintasi perbatasan Padang- Solok dan Padang – Pesisir Selatan.
Daerah dimaksud terdiri dari perbukitan yang rawan bencana longsor. Selain itu, untuk daerah yang rawan banjir di Kota Padang seperti kawasan Tugul Hitam, Jondul Rawang dan Jati Kota Padang. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here