ad
PadangTIME.com, Era teknologi saat ini terus mendorong inovasi bisnis produk digital menjadi semakin dinamis. Berbagai merk dan tipe HP Android telah banyak diluncurkan dipasaran dan siap memanjakan penggunanya.
Masing-masing memiliki spesifikasi yang cukup variatif, sehingga seringkali membuat para calon pembeli bingung menentukan pilihannya. Agar tidak salah pilih, calon pembeli haruslah memahami cara memilih HP Android yang bagus.
Namun, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dan lengkapnya fitur yang disematkan dalam perangkatnya. Umumnya, faktor-faktor tersebut cenderung membuat harga jual HP di pasaran menjadi relatif mahal.
Tips dan Cara Memilih Hp Android yang Bagus
Android adalah sistem operasi yang disematkan pada HP atau tablet layar sentuh (touchscreen) dengan basis Linux. Android sangat cepat melakukan inovasi sehingga selalu hadir seri baru dengan berbagai keunggulan.
Kelebihan Android adalah sistem operasi yang bersifat open source, multitasking dan mudah dikembangkan. Hal ini membuat banyak merk HP dan tablet yang menanamkan Android pada produknya.
Agar tidak salah, perhatikan hal berikut ketika akan memilih HP Android yang bagus:
  1. Penggunaan
Ketika akan membeli HP Android, perhatikan tujuan penggunaannya. Beda tujuan, maka akan berbeda spesifikasi yang dibutuhkan. Jika untuk chatting, telepon dan browsing maka kualitas yang sederhana sudah cukup mendukung.
Untuk seorang gamer, yang dibutuhkan adalah HP Android yang mempunyai sistem pendingin dan kapasitas baterai besar. Sedang untuk mendukung pekerjaan yang terkait dengan fotografi atau youtube, membutuhkan HP Android dengan support kamera yang bagus.
  1. Harga
Kualitas HP Android sebanding dengan harga jualnya. Semakin bagus spesifikasi dan kualitas HP Android, harganya semakin mahal. Namun dengan berbagai kelebihan yang diusung, harga bukanlah masalah. Ada beberapa kelas harga HP Android, antara lain:
  1. Low-end (1-2 juta)
HP Android kelas ini disebut budget phone, biasanya memiliki kualitas dan fitur sederhana. Namun ada perusahaan atau vendor yang memproduksi dengan keunggulan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.
  1. Middle (2-5 juta)
Banyak jenis yang dapat dipilih pada kelas ini. Seringkali, konsumen mematok budget pembelian kisaran harga 2-5jt. Beberapa merek mengusung kelebihan pada kamera, multimedia, dan build quality-nya. Bahkan ada yang sudah didukung jaringan  5G.
  1. Middle range to high (5-8 juta)
HP Android dengan kelas harga ini biasanya mempunyai tampilan premium, yaitu terbuat dari metal. Bahkan banyak yang dilengkapi chipset kelas atas. Umumnya, HP di kelas harga ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Namun belum memiliki fitur anti air, standar militer, dan dukungan wireless charging.
  1. High-end (8jt ke atas)
Biasanya disebut juga kelas flagh ship. Tidak terlalu banyak tipe HP di kelas ini. Pada kelas ini HP Android mempunyai fitur yang lengkap dengan tenaga chipset kencang dari Snapdragon.
  1. Layar
Beberapa tipe HP Android mempunyai resolusi layar HD, Full HD dan Quad HD yang berkualitas bagus. Sayangnya, layar dengan resolusi Quad HD boros baterai. Ukuran layar mempengaruhi kenyamanan pemakai. Saat ini banyak yang memilih ukuran lebih besar, yaitu sekitar 6,7 inci.
Kerapatan warna HP juga sangat penting. HP dengan kerapatan warna 1 miliar mampu menampilkan gambar lebih detail. Keakuratan tampilan juga lebih tinggi. Hp low end atau middle mempunyai kerapatan warna yang lebih kecil sehingga kurang detail.
Anti gores penting untuk melindungi layar dari kerusakan. Saat ini banyak HP dilengkapi anti gores seperti Gorilla glass, Dragontail dan sebagainya. Salah satu cara memilih HP Android yang bagus adalah dengan mempertimbangkan layarnya.
  1. Memori
Memori HP ada dua jenis, yaitu RAM dan internal. RAM merupakan memori yang melekat di HP, tidak dapat ditambah dan hanya bisa diakses. Sedang memori internal dapat diganti dengan kapasitas yang lebih tinggi.
Semakin besar memori yang tertanam, harga HP Android semakin mahal. Besarnya Ram berpengaruh pada kinerja. Bagi yang membutuhkan HP dengan kapasitas memori lebih besar, dapat memilih yang sudah didukung slot microSD.
  1. Baterai
Baterai merupakan sumber energi untuk menghidupkan HP Android. Perkembangan teknologi sekarang tidak lagi mengembangkan besarnya kapasitas, tetapi kecepatan dan cara pengisian baterai.
Beberapa HP berkualitas tinggi mempunyai kelebihan kecepatan dalam pengisian baterai. Bahkan dalam 10 menit, mampu mengisi 40% dari kapasitas baterai. Selain itu, teknologi yang dikembangkan yaitu wireless charging atau pengisian tanpa kabel.
  1. Kamera
Fitur ini wajib dipertimbangkan ketika  memilih HP Android. Tentukan kebutuhannya untuk apa. Apakah pemotretan di waktu malam hari, landscape, fotografi atau selfie. Pilih HP Android dengan kamera yang mempunyai sensor yang bagus karena akan menghasilkan gambar yang OK.
Aperture atau bukaan kamera juga harus diperhatikan. Pilih HP Android dengan aperture tinggi karena dalam kondisi kurang cahaya akan menghasilkan gambar yang lebih terang dan bagus.
Pertimbangan berikutnya adalah stabilization, yaitu daya tahan terhadap goncangan. Kamera HP dengan stabilization akan menghasilkan gambar yang tetap fokus meski diambil dengan tangan goyang. Selanjutnya adalah megapixel. Kamera dengan megapixel tinggi menghasilkan gambar yang tidak blur ketika di-zoom.
Sebelum memilih HP Android, pastikan mengetahui kelebihannya. Hp dengan kualitas bagus berbanding lurus dengan harga jualnya, yakni relatif tinggi. Namun, jangan khawatir, harga yang dibayar sebanding dengan fitur yang diperoleh.
OPPO Find X3 Pro merupakan salah satu tipe HP Android dengan berbagai fitur unggul. Kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 50 MP, kamera periskop 13 MP, dan kamera microscope 3 MP dengan perbesaran 60x.
Dengan dukungan jaringan 5G, RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB, ukuran layar 6,7 inci dan resolusi QHD plus dapat menampilkan satu miliar warna, membuat HP Android ini menjadi pilihan yang tepat. Ditambah fitur fast charging dan wireless charging menjadikan HP ini semakin unggul.
Blibli sebagai salah satu online shop ternama di Indonesia telah menyediakan berbagai HP Android pilihan. Saat ini Anda dapat membeli Oppo Find X3 Pro di Blibli secara online untuk pemesanan. Selain cara memilih HP Android yang bagus, tempat untuk membeli yang tepat harus menjadi prioritas yang patut dipertimbangankan. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here