Bawaslu Lakukan Pengawasan Seleksi Calon Anggota PPS Pemilu 2024

0
874

Padang TIME | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pengawasan seleksi wawancara calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di setiap kecamatan se Kabupaten Pesisir Selatan. Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Erman Wadison, Selasa (17/1) di Painan.

Menurut Erman Wadison, pengawasam terhadap seleksi wawancara calon anggota PPS sangat penting. Diharapkan proses seleksi berjalan sesuai peraturan yang berlaku dan terpilih anggota PPS yang berintegritas dan dapat melaksanakan fungsinya dengan baik.
Selanjutnya ia mengatakan, yang perlu menjadi fokus masyarakat dalam mengawasi pemilu adalah penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu, peserta Pemilu seperti partai politik dan calon perseorangan, serta calon kepala daerah dan pemilih.
Dijelaskannya, dugaan pelanggaran Pemilu berpotensi terjadi pada diri penyelenggara pemilu diantaranya pelanggaraan administrasi dan kode etik. Sementara oleh pemilih dan peserta pemilu pelanggaran yang terjadi berupa pelanggaran administrasi, pelanggaran peraturan perundang-undangan lainnya yang berkaitan dengan pemilu.
Bawaslu Pesisir Selatan  menyatakan siap melakukan pengawasan dan pemantauan jalannya tahapan dan pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung tahun 2024 mendatang.
Bahkan sejak dini, sebutnya, Bawaslu Pesisir Selatan sudah melibatkan masyarakat dan pemuda dalam melakukan tugas tersebut. Bawaslu menyadari betul bahwa jalannya Pemilu harus melibatkan semua pihak agar nantinya menghasilkan pemilu yang berintegritas dan berkualitas.
“Dengan ruang lingkup yang sangat luas, tidak bisa dilaksanakan oleh Bawaslu dan jajaran sendiri, sehingga sangat dibutuhkan partisipasi aktif dari semua pihak untuk peningkatan pengawasan pemilu 2024 mendatang,“ kata Erman Wadison. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini