Atasi Macet Lebaran, Pemko Pariaman Siapkan Rekayasa Lalu Lintas 

0
1411

Kota Pariaman – padangtime.com | Setiap liburan lebaran Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi SELALU menerapkan ‘one way’ (satu jalur) kendaraan di jalur yang berpotensi terjadi kemacetan.

Maka dari itu Pemko Pariaman sedang menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi terjadinya kemacetan kendaraan selama Libur Lebaran 2024 di daerah
itu.

Ia mengatakan, rekayasa lalu lintas yang diterapkan pada jalur menuju tempat wisata khususnya Pantai Gandoriah dinilai efektif mengurangi kepadatan kendaraan yang terjadi pada libur lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya kembali mempersiapkan jalur tersebut dengan menerapkan sistem satu jalur untuk mengantisipasi kemacetan dan memberikan rasa nyaman kepada wisatawan.

Dia mengatakan, rute yang dilalui antara lain dari Simpang Tugu Tabuik mulai dari Simpang Ahmadin hingga Stasiun Kereta Api Pariaman, hingga Simpang Lohong.

Sedangkan dari arah Kota Padang lewat Ulakan Padang Pariaman kendaraan diarahkan dari Simpang Lohong menuju Desa Kampung Baru kemudian diarahkan ke Simpang Kampuang Pondok.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman, Sumbar menyiapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan di kawasan itu untuk meminimalisir kemacetan akibat melonjaknya wisatawan ke sejumlah tempat wisata pada libur lebaran 2023.

Tadi kami melakukan pertemuan dengan Polres Pariaman untuk membahas arus lalu lintas. Rapat akan dilanjutkan pada Jumat, kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi di Pariaman.

Ia mengatakan, untuk mengurangi kemacetan, pihaknya menerapkan sistem arus satu arah di sejumlah ruas jalan yang berpotensi menimbulkan kemacetan kendaraan. (pt/ant)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini