Arrow Electronics bantu Oyika Ciptakan Baterai Pintar Untuk sepeda motor listrik

0
1106
ads

PadangTIME.com | Penyedia solusi teknologi global, Arrow Electronics, Inc. (Arrow) mengumumkan dukungannya untuk Oyika Pte Ltd (Oyika), suatu perusahaan rintisan Singapura, dalam membangun solusi penggantian dan pengisian daya baterai untuk sepeda motor listrik.

Menurut artikel  yang dipublikasikan oleh McKinsey pada bulan Juni, yaitu “Mencapai pertumbuhan dalam ekosistem kendaraan listrik yang sedang berkembang di Asia”, sektor transportasi merupakan salah satu sumber emisi gas rumah kaca terbesar, oleh karena itu, kendaraan listrik “akan menjadi sangat penting untuk menghadapi tantangan perubahan iklim di Asia”.

McKinsey memperkirakan bahwa kendaraan listrik “mampu berkontribusi sekitar 14 persen dalam potensi pengurangan emisi” antara tahun 2018 dan 2050.

Asia Tenggara adalah salah satu pasar sepeda motor terbesar di dunia, dengan lebih dari 85 persen rumah tangga yang memiliki sebuah sepeda motor.

Namun, sepeda motor listrik hanya mencakup kurang dari 1 persen. Menurut laporan Statista[2], kekhawatiran utama yang timbul untuk membeli kendaraan elektronik yaitu kurangnya infrastruktur pengisian daya untuk kendaraan listrik.

Oyika bantu percepat dalam penggunaan kendaraan listrik dengan cara menyiapkan jaringan stasiun penggantian baterai dan infrastruktur pengisian daya untuk sepeda motor listrik, yang beroperasi dengan lancar menggunakan baterai pintar yang bisa diganti dan aplikasi seluler.

Pelayanan penggantian baterai ini digabungkan dengan sepeda motor listrik pihak ketiga melalui rencana berlangganan yang terjangkau, yang serupa dengan rencana berlangganan telekomunikasi berupa bundel data dan panggilan telepon dengan perangkat telepon seluler pihak ketiga.

Oyika menyelesaikan tiga masalah utama dalam penggunaan sepeda motor listrik yaitu
– kecemasan karena jarak tempuh yang terbatas akibat kehabisan baterai
– waktu pengisian daya yang lama
– biaya pembelian baterai di muka.

Dengan baterai pintar yang diberdayakan oleh perusahaan elektronik canggih yang andal dan terjangkau, yang ditawarkan oleh Arrow, Oyika mengumpulkan data bernilai yang andal untuk meningkatkan efisiensi baterainya, sehingga dapat meningkatkan performa dan memperpanjang masa pakai baterai.

Memanfaatkan teknologi agar dapat diakses oleh lebih banyak orang

Untuk mendukung perusahaan rintisan lokal seperti Oyika, Arrow mendirikan NTU-Arrow Invent Lab melalui kolaborasi bersama Nanyang Technological University di Singapura pada bulan April 2022. NTU-Arrow Invent Lab merupakan salah satu dari lima Arrow Open Lab di seluruh dunia yang terletak di pusat teknologi dan inovasi utama.

NTU-Arrow Invent Lab adalah platform inovasi dan eksperimental sebagai wadah bagi perusahaan rintisan teknologi untuk mengembangkan ide, menuangkan kreativitas, dan mewujudkan invensi mereka sambil memanfaatkan sumber daya global milik Arrow.

Arrow menawarkan panduan rekayasa dalam manajemen daya, telematika IoT (Internet of Things), pengelolaan baterai, dan pemilihan komponen untuk membantu Oyika menyesuaikan penawaran teknologi intinya. Rekayasawan Arrow membantu Oyika mengembangkan telematika IoT 4G berupa:

  • Melacak kecepatan dan lokasi kendaraan

  • Memantau kondisi baterai (parameter seperti voltase, arus, kecepatan pengisian dan pelepasan daya, suhu, getaran, dan kelembapan) untuk melacak lokasi dan kesehatan baterai dengan lebih baik, serta memastikan performa optimal

  • Langkah-langkah keamanan dan keselamatan untuk mencegah pencurian dan kehilangan baterai dan kendaraan

Menciptakan masa depan yang berkelanjutan dengan teknologi

“Kami menghargai dukungan Arrow dalam perjalanan pengembangan kami. Jaringan internasional Arrow yang mapan menawarkan nilai tak terhingga bagi perusahaan rintisan seperti kami untuk mengakses teknologi terkini dan terhubung dengan penyedia kelas dunia.

Dengan dukungan NTU-Arrow Invent Lab, tim kami bisa memanfaatkan sumber daya dan alat rekayasa Arrow. Kini, kami merasa bangga menyaksikan penerapan solusi penggantian baterai kami yang mendukung sepeda motor listrik di Kamboja dan Indonesia,” kata Roderick Chia, Rekan Pendiri dan Pejabat Teknologi Tertinggi, Oyika.

“Keberlanjutan penting bagi kehidupan kita sehari-hari, dalam cara kita menjalani kehidupan, bekerja, dan bepergian.

Dengan Open Lab, Arrow merasa bangga untuk memberdayakan perusahaan rintisan lokal seperti Oyika untuk menciptakan hari esok yang lebih baik, mendayagunakan teknologi untuk mendorong keberlanjutan.

Dengan menawarkan konsultansi rekayasa, dukungan desain untuk manufaktur, sumber daya untuk memasuki pasar, dan kepakaran kami kepada Oyika, bersama-sama, kami menciptakan solusi mobilitas yang lebih bersih dan lebih ringkas,” kata Jacky Wan, Wakil Presiden Rekayasa Arrow untuk Asia Pasifik.

Pada tanggal 5 sampai 7 Oktober 2022, Arrow berpartisipasi dalam EV Indonesia 2022, ajang utama yang berlangsung selama tiga hari untuk kendaraan listrik dan solusi manufaktur, untuk memperagakan rangkaian solusi mobilitas inovatif, termasuk penawaran penggantian baterai dari Oyika untuk sepeda motor listrik. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini