900 Mahasiswa di Pesisir Selatan Terima Beasiswa Dari Baznas

0
182
ads

PadangTIME.com | Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar serahkan bantuan beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten kepada 900 orang mahasiswa yang kuliah di sejumlah perguruan tinggi luar Kabupaten Pesisir Selatan bertempat di gedung Painan Convention Center (PCC), Selasa (1/11).

Penyerahan bantuan beasiswa  dari Baznas Kabupaten Pesisir Selatan senilai Rp 1.350.000.000 itu dihadiri Wakil Ketua DPRD, Aprial Habbas, Ketua Baznas Kabupaten Pesisir  Selatan, Yose Leonando, anggota Forkopimda, sejumlah kepala perangkat daerah, dan para undangan lainnya.

Beasiswa yang disalurkan oleh Baznas itu adalah zakat dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

“Saya berharap agar bantuan beasiswa yang disalurkan itu dipergunakan sesuai dengan kebutuhannya. Sebab, bantuan beasiswa yang disalurkan kepada mahasiswa itu, sasarannya memang mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu bupati juga berharap agar mahasiswa lebih giat dan sungguh-sungguh menjalani kegiatan perkuliahan agar berhasil mencapai cita cita. Sebab, keberhasilan seseorang itu tergantung pada dirinya sendiri. “Jika ingin berhasil, maka kita harus belajar lebih giat dan sungguh-sungguh. Sebab, keberhasilan itu memang tergantung dari diri kita sendiri,” ingatnya.

  Selain itu juga diharapkan Baznas mengoptimalkan potensi zakat dari lembaga-lembaga non pemerintah.

Disebutkan, Pemerintah Kabupaten Pesisir tetap fokus melakukan pembangunan bidang pendidikan dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Hal itu juga menjadi visi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan lima tahun ke depan. “Kita berharap pelaksanaan pembangunan pendidikan itu mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak,” harapnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Selatan, Yose Leonando mengatakan, tahun 2022 ini Baznas menyalurkan bantuan beasiswa untuk mahasiswa yang kuliah di luar Pesisir Selatan sebanyak 900 orang. Masing-masing mahasiswa itu diberikan bantuan beasiswa sebesar Rp 1.500.000.

Dikatakan, sebelumnya mahasiswa itu mengajukan proposal bantuan beasiswa kepada Baznas Kabupaten Pesisir Selatan. Lalu Baznas melakukan verifikasi, sehingga ditetapkan sebanyak 900 mahasiswa yang kuliah di luar Pesisir Selatan memenuhi syarat untuk menerima bantuan beasiswa tersebut.

Ia menambahkan, selain beasiswa untuk mahasiswa yang kuliah di luar daerah, Baznas juga menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa yang kuliah dalam daerah sebanyak 162 orang masing-masing Rp 1 juta. “Kita berharap bantuan beasiswa itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan dan biaya kuliah,” harapnya.

“Total dana bantuan beasiswa untuk mahasiswa  dan pelajar SMP, MTsN dan SD tahun 2022 ini sebesar Rp 3 miliar.  Kita menyampaikan permohonan maaf, karena keterlambatan penyerahan beasiswa, karena banyaknya kegiatan,” ungkapnya.  (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini