5 Cara Mudah dan Cepat Mengecek Tagihan Listrik

0
906
Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/Bb9jWuTMPUk?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink
ads

padangtime.com | Memasuki bulan baru, ada saja kebutuhan pokok yang perlu dibayar, salah satunya adalah listrik. Namun sebelum membayar listrik, alangkah baiknya jika mengecek tagihan listrik terlebih dahulu.

Tidak sulit untuk mengetahui nominal tagihan listrik PLN, hanya butuh beberapa cara simpel dan tidak perlu repot mengunjungi kantor PLN. Beberapa cara cek tagihan listrik PLN yang mudah dan cepat akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN yang Mudah

1.     Cek Lewat Aplikasi PLN Mobile

Ada aplikasi khusus untuk mengecek tagihan listrik, Namanya PLN Mobile. Aplikasi ini gratis dan bisa ditemukan di Playstore atau Apple Store. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan sudah memiliki aplikasinya di ponsel, kemudian

  • Jika belum memiliki akun PLN Mobile, bisa klik Daftar dan isi nama, ID Pelanggan, lokasi, nomor hp, email, dan terakhir masukkan password.

  • Setelah itu, secara otomatis akan masuk ke aplikasi dengan akun yang baru dibuat. Lalu, klik menu

  • Berikutnya, klik pada bagian Informasi Tagihan dan Token Listrik. Secara otomatis, PLN Mobile akan menampilkan nominal tagihan serta jumlah pemakaian listrik.

2.     Cek Melalui Website Resmi PLN

Selain menggunakan aplikasi PLN Mobile, cara lainnya adalah dengan mengandalkan website resmi dari PLN. Caranya mudah, silakan coba langkah berikut:

  • Buka browser dan langsung masuk ke halaman website resmi PLN, yaitu web.pln.co.id.

  • Jika belum punya akun, daftarkan akun terlebih dahulu. Cara mendaftarnya sama, yaitu dengan mengisi nama, email, ID pelanggan, nomor HP, serta password.

  • Lalu, PLN akan mengirimkan kode verifikasi lewat ponsel. Nantinya, kode tersebut bisa langsung Anda masukkan saat mendaftar akun.

  • Setelah selesai, pada halaman awal, website PLN langsung menampilkan informasi tagihan listrik yang harus dibayar.

3.     Via WhatsApp

Satu lagi cara cek tagihan listrik PLN, yaitu melalui WhatsApp dengan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka WA, dan simpan nomor PLN: 08122123123.

  • Kemudian, kirim pesan “Halo” dan lanjutkan dengan ketik angka “2”

  • Lalu, masukkan ID Pelanggan dan angka stand kWh meter yang ada di meteran listrik.

  • Jika data yang diisi benar maka PLN langsung memberikan informasi tagihannya.

4.     Menelepon Call Center PLN

Cara yang satu ini tidak memerlukan koneksi internet, namun pastikan memiliki saldo pulsa yang cukup untuk menelepon layanan PLN. Nomor resmi PLN adalah 123. Namun, sebelum menelepon disarankan untuk mencantumkan kode area, contohnya untuk daerah Jakarta adalah (021)-123. Lalu, langsung telepon dan ikuti saja arahan dari pihak operator PLN.

5.     Kirim SMS ke PLN

Selain telepon, PLN juga menyediakan layanan pengecekan tagihan listrik melalui SMS. Caranya mudah, silakan kirim SMS ke 8123 dengan format REK (spasi) Nomor ID Pelanggan.

Sumber gambar: https://flip.id/blog/daya-listrik-pln-dan-cara-bayar-tagihan-listrik

Itulah tadi kelima cara termudah untuk mengecek tagihan listrik. Cara di atas bisa diakses kapanpun dan dimanapun, bahkan ada yang tidak perlu menggunakan internet. Tetapi kalau ingin membayar tagihan listrik, disarankan menggunakan aplikasi terpercaya seperti Flip.

Perlu diketahui, Flip merupakan layanan pembayaran termudah, tercepat, terpercaya, dan termurah, salah satunya adalah layanan bayar tagihan listrik.

Flip seringkali menawarkan harga yang lebih murah, baik untuk listrik prabayar maupun pascabayar. Selain itu, Flip juga menyediakan jasa pembelian pulsa hingga paket data. Yang menarik adalah, Anda bisa melakukan pengisian pulsa mulai dari Rp1.000.

Dan, semua pembayaran tersebut bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran, seperti transfer, m-banking, atau saldo Flip. Jadi, segera hemat pengeluaran Anda dengan bayar tagihan lewat Flip!

(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini