12 Mahasiswa UNP Ikuti Virtual Exchange Program di Chang Gung University

0
761
PadangTIME – Sejak Januari 2022, Universitas Negeri Padang (UNP) sudah melakukan kerja sama dengan Chang Gung University (CGU), Taiwan. Kerja sama yang dilakukan tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) nomor 4357/UN35/KS/2021 dengan poin kerja sama antara lain di bidang akademik dan pertukaran mahasiswa.
Sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama yang dilakukan, CGU mengadakan Virtual Exchange Program 2022 untuk mahasiswa internasional. Bentuk program ini adalah perkuliahan yang dilakukan secara online selama satu semester (18 pertemuan) dan mata kuliah ayng diambil akan terhitung 1-3 SKS.
Program yang dimulai sejak tanggal 21 Februari 2022 sampai 24 Juni 2022 menawarkan 21 mata kuliah seperti di bawah ini.
Menindaklanjuti undangan Virtual Exchange Program yang diberikan oleh pihak CGU, UPT Layanan Internasional menyambut baik program ini dengan menginisiasi pertemuan bersama Wakil Rektor IV UNP dan delapan ketua program studi dari mata kuliah yang ditawarkan pada 5 Januari 2022.
Dalam pertemuan ini, UNP bersedia mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti Virtual Exchange Program sesuai dengan mata kuliah yang ditawarkan. Bagi mahasiswa yang mengikuti program ini dilakukan proses penyeleksian yang terdiri dari seleksi dokumen dan wawancara.
Menurut Kepala UPT Layanan Internasional (UPT LI) UNP, Rusnardi Rahmat Putra, Ph.D, proses seleksi ini dimaksudkan agar mahasiswa yang lulus nantinya mampu untuk mengikuti perkuliahan satu semester. “Diharapkan mulai dari kemampuan komunikasi bahasa Inggris, manajemen waktu, serta menyelesaikan tugas yang diberikan, sehingga mahasiswa kita bisa menyelesaikan studi dan mendapatkan nilai yang sangat bagus,” jelas Rusnardi.
Proses penyeleksian mahasiswa untuk mengikuti program ini dilakukan oleh UPT LI dengan dua bentuk tahapan, antara lain seleksi dokumen dan wawancara.
Setelah WhatsApp Image 2022-01-17 at 09.37.28WhatsApp Image 2022-01-17 at 09.37.27seleksi dokumen diadakan, dilakukan seleksi wawancara dengan tim penyeleksi antara lain Rusnardi Rahmat, Ph.D (Kepala UPT Layanan Internasional/Dosen Jurusan Teknik Sipil FT), Riki Mukhaiyar, Ph.D (Dosen Jurusan Teknik Elektro FT) dan Dr. Remon Lapisa (Dosen Teknik Otomotif FT UNP).
Seleksi wawancara diadakan Senin (17/1) di Ruang Kuliah Pascasarjana UNP Lantai 1 dengan fokus pada tiga aspek, antara lain kemampuan Bahasa Inggris, motivasi, dan kemampuan kognitif sesuai dengan jurusan masing-masing. Dari hasil wawancara diperoleh 13 mahasiswa yang berhak mengikuti Virtual Exchange Program. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini