Wujudkan Sekolah Bersih dan Sehat, Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan Lakukan IKL

0
5054

PADANGTIME.COM | Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) tempat-tempat umum dilaksanakan dalam upaya pencapaian target indikator presentase tempat-tempat umum yang memenuhi syarat kesehatan.

Terkait hal tu, Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan melakukan kegiatan IKL tersebut di SDN 06 Talang, Rabu (5/6). Kegiatan IKL di sekolah itu merupakan kegiatan Inspeksi kesehatan lingkungan di Tempat Fasilitas Umum (TFU).

Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris, SKM Menyebutkan, petugas pelaksana kegiatan IKL ini adalah Fima Meisa Ipelni, A.Md. Kes dan Rivaldo, SKM selaku Pelaksana Kesling Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan.

Idrus menjelaskan, kegiatan IKL tersebut meliputi pemeriksaan seputar lingkungan sekolah, kebersihan ruangan kelas, kondisi pencahayaan dan gangguan di setiap ruangan kelas, kondisi atap, dinding dan lantai setiap ruangan serta ventilasi.

Selanjutnya, halaman sekolah, ketersediaan air bersih, kebersihan WC yang digunakan sehari-hari, kebersihan diri siswa serta perilaku guru. Kegiatan IKL ke sekolah dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kebersihan dan Kesehatan, bangunan, halaman dan lingkungan sekitar sekolah.

Kemudian menyelenggarakan upaya Promotif dan Preventif di sekolah, serta mewujudkan sekolah yang memenuhi syarat kesehatan untuk menigkatkan kualitas Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah.

“Hasil dari IKL TFU itu nantinya akan menunjukkan sekolah tersebut memenuhi syarat kesehatan atau tidak memenuhi. Dari permasalahan yang ditemukan selanjutnya diberikan rekomendasi tindak lanjut. Dalam kesempatan tersebut, pihak sekolah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puskesmas dan menyambut baik kegiatan IKL di sekolah mereka,” mengungkapkannya. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini