Wakil Ketua DPRD Sumbar Harapkan Stabilitas Sosial Terjaga di Pemilu 2024

0
178

PadangTIME.com – TNI yang telah memiliki kinerja baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),diharapkan mampu menaklukan tantangan dalam menjaga stabilitas sosial jelang dan sesudah pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib saat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78, Kamis (5/10) di Kawasan Pantai Cimpago Kota Padang.

“Kita mengapresiasi kinerja TNI dalam mengawal keutuhan NKRI, banyak prestasi dan pencapaian yang diraih. Semoga kedepan institusi ini lebih baik lagi,” kata Suwirpen.

Dia mengatakan, DPRD Sumbar secara kelembagaan mendukung setiap program yang dijalankan TNI dalam menjaga stabilitas sosial ditengah masyarakat, “sebentar lagi Pemilu” akan ada ganjang-ganjing yang muncul karena perbedaan pandangan dalam proses demokrasi melahirkan pemimpin bangsa.

” Saya berharap TNI terus menjaga kenetralan pada Pemilu 2024 dan memberikan kinerja yang lebih optimal dalam menjaga ketentraman, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ,” katanya.

Dalam peringatan HUT TNI ke-78 di Kawasan Pantai Cimpago, dihadiri oleh seluruh unsur Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), tampak juga Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah hingga pejabat-pejabat lainnya.

HUT TNI ke-78 bertemakan TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju, dalam rangkaian upacara diisi dengan parade dan defile pasukan. Tidak hanya itu, pada HUT itu juga dilaksanakan demonstrasi bela diri dan marching band dimana para prajurit Yonmarhanlan II turut serta dalam demonstrasi tersebut.

Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal II) Laksamana Pertama TNI Benny Febri,
pada kesempatan itu Danlantamal II membacakan amanat Panglima TNI Yudo Margono, TNI tidak boleh terlena karena saat ini beragam tantangan yang sedang dan akan dihadapi setelah pandemi Covid-19 tidaklah ringan. Saat ini dunia sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial.

Situasi ekonomi serta geopolitik juga penuh dengan ketidakpastian imbas dari konflik dan krisis yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Di lingkup nasional, beragam potensi
ancaman juga semakin kompleks. Karena itu, kita harus menjadikan momentum ulang tahun ke-78 TNI sebagai bahan introspeksi demi terwujud TNI yang profesional dan tangguh.

Peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke 78 pada tahun 2023 ini bertemakan “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”.

Artinya bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa. Bentuk dari komitmen tersebut adalah mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri dan sejahtera.

Tema ini diangkat karena salah satu tantangan besar yang akan dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah Pemilu 2024.

Diketahui bahwa Indonesia akan melaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada di 548 daerah, dengan total 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya.

TNI berkomitmen untuk menjamin kelancaran dan keamanan dalam rangka
mewujudkan Pemilu 2024 agar berjalan dengan aman, damai dan sejuk.(pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini