Wakil Bupati : Ayo Manfaatkan Lahan Terlantar Untuk Menanam Tanaman Bernilai Ekonomis

0
491

PadangTIME  | Kabupaten Pesisir Selatan memiliki lahan potensil untuk pengembagan komoditi pertanian seperti tanaman jagung. Dalam hal ini, para petani sangat membutuhkan sentuhan permodalan dan pembinaan lebih maksimal ke depannya.

“Ya, pihak perbankan diharapkan bisa membantu para petani di daerah ini dalam permodalan. Kemudian dinas terkait memaksimalkan pembinaan kepada petani dalam rangka meningkatkan produksi jagung dan meningkatkan perekonomian. Namun petani diminta sungguh-sunggu mengembangkan tanaman jagung,” kata Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah di Painan, Rabu (1/2) di Painan.
Lebih lanjut dikatakan, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki lahan potensial yang bisa ditanami jagung untuk peningkatan ekonomi petani. “Ya, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi pertanian yang cukup besar dan menjadi basis ekonomi masyarakat. Salah satu komoditi unggulan adalah jagung. Lahan potensi tadi harus digarap secara maksimal oleh petani,” harapnya.
Untuk itu ia mengajak petani di Kabupaten Pesisir Selatan memanfaatkan lahan terlantar dengan menanami jagung. Manfaatnya selain menambah penghasilan para petani, lahan tanaman yang kosong juga bisa menjadi produktif kembali.
Menurut wabup lagi, pengembangan sektor pertanian tanaman pangan juga perlu sinergi antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah nagari serta stakeholder yang ada di daerah ini.
Kemudian juga butuh dukungan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas serta program pembangunan pertanian tanaman pangan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian dan pemerintah provinsi.
“Kabupaten Pesisir Selatan sangat potensial untuk pengembangan tanaman jagung, dan berpeluang menjadi sentra jagung di Provinsi Sumatera Barat. Sementara antusias petani mengembangkan tanaman jagung sangat tinggi. Kemudian kita akan terus melakukan pembinaan pada petani dalam mengembangkan usaha tanaman jagung,” katanya.  (mp)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini