“Wagub Sumbar Ikuti Penanaman 1.000 Bibit Pohon Bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo

0
347

PadangTIME.com –Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengikuti penanaman 1.000 bibit pohon bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’aruf Amin. Penanaman itu dilakukan secara serentak di 34 provinsi di seluruh Indonesia, Rabu (1/2/2023).

Mengikuti secara daring dari Lahan Kantor Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat, Wagub Audy mengatakan Pemprov Sumbar ikut berpartisipasi menanam 207 bibit pohon. Selain ditanam di areal kantor, 207 bibit pohon yang terdiri dari 107 pohon durian varietas matahari dan sunan, serta 100 bibit pohon pinang wangi, dibagikan kepada kelompok tani dan masyarakat sekitar.

“Kita tanam durian karena Sumatera Barat termasuk provinsi penghasil durian nomor dua di Indonesia. Kita bagikan juga 100 durian dan 100 pinang kepada masyarakat,” ujar Wagub.

Wagub juga menyampaikan Sumatera Barat sangat terbuka terhadap bantuan-bantuan bibit tanaman perkebunan dan hortikultura dari pemerintah pusat.

Menanggapi itu, Direktur Perbenihan dan Hortikultura Kementrerian Pertanian, Inti Pertiwi Nashwari menyambut baik permintaan dari wakil gubernur. Ia menyampaikan Sumatera Barat sangat dekat dengan Kementerian Pertanian. Melalui Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) Sumatera Barat, serta Balai-balai di bidang pertanian, perkebunan dan holtikultura lainnya, pihaknya menyatakan siap menerima permohonan dan menyalurkan bantuan ke Sumatera Barat.

“Cukup banyak kampung-kampung buah yang sudah dibangun di Sumatera Barat. Tentu kami siap menerima permohonan bantuan lagi apabila memang dibutuhkan,” ungkap Inti. (MC Prov Sumbar)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini