Wabup Pesisir Selatan jadi Inspektur pada Apel Operasi Ketupat Singgalang 2022

0
48

Padang TIME.com – Pesisir Selatan – POLRES Pesisir Selatan persiapkan sejumlah Pos Lebaran sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat saat lebaran Idul Fitri 1443 H.

Kapolres Pesisir Selatan,  AKBP. Sri Wibowo, S.I.K, M.H  pada apel gelar pasukan “Operasi Ketupat Singgalang 2022“, di halaman Polres Pesisir Selatan, Jum’at (22/4). Sebagai Inspektur Upacara pada Apel Operasi Ketupat Singgalang 2022 tersebut adalah Wakil Bupati Pesisir Selatan, Apt Rudi Hariyansyah, Ak, S.Si.

“Untuk menjamin dan memastikan situasi keamanan, ketertiban dan kenyamanan pada lebaran Idul Fitri 1443 H, maka kami telah disiapkan Pos Pengamanan, Pos Pelayaan dan Pos Terpadu di tujuh lokasi dalam wilayah Hukum Polres Pesisir Selatan, mulai dari tanggal 28 April s/d 9 Mei 2022,”ujarnya.

Sementara itu Wabub Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah pada Apel Gelar Pasukan dengan sandi Operasi Ketupat Singgalang 2022 itu mengatkan, lebaran Idul Fitri Tahun 1443 H /2022 masih dalam situasi pandemi covid -19. Sebab itu pihaknya menghimbau masyarakat pada lebaran nanti agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Mudik Aman dan Sehat.

” Kita bacakan amanat Kapolri, bahwa lebaran Idul Fitri 1443 H, maka amanat ini bersama kita ikuti aturan dalam mudik lebaran,” tegas Rudi Hariyansyah.

Dalam amanat Kapolri yang disampaikan Wabup Rudi Hariyansyah, bahwa lebaran Idul Fitri 1443 H kali ini akan berbeda dengan idul fitri tahun lalu dimana kali ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan tidak akan dilakukan pembatasan di jalur lintas masyarakat.

Ia menambahkan, walaupun pandemi sudah terkendali dimana tingkat di bawah 1 % namun perlu ditegaskan bahwa pendemi belum selesai. ” Kita harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi pada saat idul fitri nanti,” sambungnya.

Ada tiga pos titik fokus dalam pengaman pelayanan, pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat saat lebaran Idul Fitri, pertama di Pos Carocok Painan, Pos Mandeh dan Pos Kambang.

“Kami akan melibatkan sebanyak 150 personil untuk melakukan pengamanan di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Sebagaimana 7 atensi Kapolri dalam amanatnya dibacakan Wabup Rudi Hariyansyah tadi,” katanya.

Lanjutnya, untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik, Polres Pessel juga menambahkan sebanyak 1 pos pelayanan yaitu Pos Yan Rest Area di Kecamatan Koto XI Tarusan, dan  perbatasan Kabupaten Pesisir Selatan dengan Kota Padang.

” Tentuhnya ini adalah upaya – upaya yang kami lakukan melihat dari potensi – potensi kerawanan, potensi keamanan dan upaya lainya yakni meningkatkan vaksinasi booster untuk masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan. Termasuk kelancaran lalu lintas juga keamanan dari kejahatan konvensional itu sudah diantisipasi,” ujarnya. (PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini