UNP Kembali Menjadi Tuan Rumah PMM: Membangun Generasi Muda Pancasila

0
564
Kota Padang – padangtime.com |  Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Inbound untuk semester Januari – Juni 2024. Acara yang berlangsung di Aula FMIPA UNP pada Selasa (6/2) ini menandakan kepercayaan yang keempat selamanya diberikan kepada UNP sebagai salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggara bersama dengan 210 PTN/PTS se-Indonesia.
Sambutan hangat sekaligus pembukaan acara yang disampaikan oleh Wakil Rektor I bidang Akademik, Dr. Refnaldi, M.Litt, yang memberikan dorongan bagi para peserta untuk mengambil manfaat maksimal dari program ini.
Kasubdit Inovasi Pembelajaran dan MBKM, Dr. Nofrion, M.Pd mengungkapkan bahwa pelaksanaan orientasi ini dihadiri oleh 140 mahasiswa dari 72 PTN/PTS di seluruh Indonesia. Mereka siap untuk mengeksplorasi serangkaian program akademik dan non-akademik yang telah disiapkan secara khusus oleh UNP. Selain itu, para peserta juga akan terlibat dalam Modul Nusantara yang menghadirkan 16 kegiatan berbeda, termasuk kegiatan kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.
“Kami berharap kegiatan PMM 4 ini bisa berjalan lancar dan membawa manfaat bagi semua pihak,” ungkap Kasubdit Inovasi dalam Berbagainya.
Topik utama PMM4 di UNP tahun ini adalah eksplorasi nilai-nilai luhur “adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” yang bertujuan untuk mendukung dan mewujudkan profil pemuda Pancasila. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan karakter siswa sebagai generasi muda yang berakhlak mulia.
Widiyadhana dari Universitas Siliwangi menyampaikan apresiasinya, “Terima kasih kepada UNP yang telah memberi kami kesempatan untuk bisa berkembang dan mengembangkan kemampuan serta mengembangkan kualitas diri kami di salah satu universitas terbaik di Indonesia dan di Sumatera khususnya.”
Acara orientasi ini juga dimeriahkan dengan materi-materi yang menarik, antara lain Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) oleh Dr. Fatmariza, M.Hum, Layanan Administrasi Akademik oleh Ike Mariska, S.Kom, dan Modul Nusantara yang dipandu oleh Dr. Nofrion, M.Pd.
Partisipasi penuh dari Wakil Rektor III SDM, para dekan, direktur, kepala departemen, kepala program studi, serta admin prodi, semakin menegaskan komitmen UNP dalam mendukung keberhasilan program PMM4. Dengan program ini, UNP tidak hanya fokus pada peningkatan kualitas akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kontribusi sosial mahasiswa untuk kemajuan bangsa. Semoga PMM4 di UNP menjadi tonggak penting dalam pembentukan generasi muda yang cerdas, terampil, dan berintegritas tinggi dalam membangun masa depan Indonesia.  (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini