Padang TIME com – May Hendri sebagai direktur Jerigud Farm menjelaskan bahwa JERIGUT FARM  merupakan usaha kecil  awalnya bergerak dibidang produk pertanian  berbasis jeruk tetapi berjalan waktu beralih ke pengembangan tanaman vanili, jahe dan madu galo-galo  dan berdiri semenjak tahun  2017 dan usaha ini telah memiliki sertifikat izin usaha (NIB)  dan lokasi usaha berada di nagari Gadut kecamatan Tilatang kamang Kabupaten Agam.

Farm ini didirikan oleh bapak May Hendry Bersama  Buk Rina. Farm Jerigut  telah memiliki izin deppkes  dan telah bermitra dengan peneliti/pengadi dari Universitas Andalas sejak tahun 2022 Jerigut Farm saat ini memiliki lahan lebih kurang 1 ha untuk budidaya tanaman vanili dimana saat ini sedang dilaksnakan pengembangan areal tanam vanili.

Permasalahan yang ditemui adalah pemupukkan yang selama ini menggunakan pupuk organik terbatas  sehingga melalui kerjasama Jerigud Farm dengan  tim pengabdian LPPM Unand dilakukan penggunaan pupuk hayati  yang sebelumnya telah dikembangkan oleh tim PKM LPPM Unand berupa pupuk hayati mikoriza dan pupuk organic Cair Ecoenzim.

Disamping itu untuk menghasilkan polong vanili maka melalui Kerjasama Jerigud Farm dengan Tim PKM LPPM Unand telah membina Jerigutd Farm semejak tahun 2022 dan sebelumnya Kergiatan kerjasama dilakukan selama 3 (tiga) tahun yang dituangkan dalam MOA pada awal bulan November 2023.

Jerigud Farma bersama dengan Tim PKM LPPM Unand telah berhasil melakukan pemuliaan tanaman vanili melalui perkawinan buatan tanaman vanili sehingga terjadi pembuahan membentuk polong, yang mana selama ini terkendala  dalam menghasilkan polong tanaman vanili.

Jerigut Farm telah menjadikan  tanaman vanili menjadi produk olahan seperti selai vanili,  bubuk vanili Vanili Pada areal pertanaman Vanili juga  ditanam tanaman jahe dan produk olahan jahe merah dan madu.

Pembuatan produk olahan vanili, jahe dan  madu di Jerigut Farm melibaatkan 3 orang berupa teknisi. 1 (satu) orang bertanggungjawab dalam mengambil bahan baku dilapangan, mensortir bahan baku, mencuci dan mengeringkan bahan baku.

Selanjutnya, 2 (dua) orang bertugas mengolah polong vanili yang telah kering menjadi selai dan bubuk vanili serta packaging dan pelebelan.

Permasalahan lain yang dihadapi Jerigud Farm adalah perlu  dilakukan rehabilitasi kebun dan peremajaan tanaman, belum diurus sertifikat halal, pengurusan paten merk dan belum menganalisis kandungan zat di vanili dan belum ada penentuan kadar air, packaging, pemasaran yang mana  selama ini pemasaran yang dilakukan baru tingkat internasional terbatas, sehingga perlu dilakukan,  promosi lebih lanjut, baik prpmosi daerah ,nasional dan internasional baik melalui digital elektronik, maupun media koran.

Tim : Benni Satri (Ketua); Syahyana Raesi, Rahmat Hersi; Netti Herawati, Feri Lismanto; Yusniwati;dan Yurniwati(Anggota)

Fasilitas ruang produksi yang dimiliki mitra terdiri dari: ruang tamu, ruang kantor, ruang pencucian,ruang pengeringan, ruang prosesing dan ruang pachaging.

Benni Satria (Ketua) mengatakan bahwa kegiatan tahun pertama (2023) meliputi Rehabailitasi kebun dan peremajaan tanaman, pemupukan dengan pupuk hayati mikoriza, menganalisis kandungan zat yang terdapat pada vanili, penentuan kadar air produk hasil fermentasi dan non fermentasi dan pengurusan paten merk.(pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini