AYO MEMBACA !!

Terobosan baru UIN Imam Bonjol Padang, 49 Mahasiswa Bersaing Menuju Kursi Internsip Program ke Luar Negeri

PADANGTIME.COM | Sebanyak 49 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang bersaing ketat untuk mendapatkan tiket Student Mobility Program (SMP) 2024.

Tim seleksi akan mewawancarai para mahasiswa yang sudah lolos administrasi, Senin(3/6/24).

Hasil seleksi akan menyisakan 20 mahasiswa untuk mengikuti program yang telah diubah nama menjadi Student Imam Bonjol Academic Community-Smart Internship Program (SIBac-sip)ini.

Mereka yang lolos administrasi pada seleksi merupakan mahasiswa yang pernah menjadi peserta Pelatihan Penulisan Artikel Populer dan Ilmiah 2023 dan Student Literacy Camp (SLC) 2024. Dua ivent ini digelar berbasis karya tulis, bukan berdasarkan utusan agar yang terpilih merupakan talenta akademisi masa depan sebagaimana tujuan program ini.

“Sebagai ivent perdana dengan sistem tahapan seleksi, kita optimis ini menjadi sebuah platform mencari talenta bidang akademik, pemimpin, juga agen perubahan untuk iklim belajar di masa depan,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Welhendri Azwar, S.Ag, M.Si, Ph.D, Jumat (31/5).

Welhendri mengaku, gagasan kehadiran program SIBac-sip sudah begitu lama diimpikan. Sebagai program unggulan dan diimpikan seluruh mahasiswa di kampus Mereka yang diberangkatkan ke Luar Negeri sebagai motivasi bagi angkatan sesudah itu untuk memacu diri. Kehadiran ivent ini bukanlah tiba-tiba dan tidak mudah dimulai.

“Kita ingin mereka yang terpilih memanfaatkan kesempatan menjadi warga dunia. Bisa jadi menjadi mahasiswa magister di kampus yang dituju nantinya. Lalu sudi kembali ke almamater untuk mengabdi dengan ikatan yang saling menguntungkan,” jelas doctor sosiologi jebolan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) ini.

Sebanyak 20 mahasiswa terpilih nanti, akan diberangkatkan dengan biaya kampus selama 10 hari masing-masing 10 orang ke Sidney dan Turkey. Sebagaimana dijanjikan pada tahun sebelumnya, peserta Pelatihan Penulisan Artikel Populer dan Ilmiah 2023 dan Student Literacy Camp (SLC) 2024 akan diseleksi kembali untuk berangkat tahun ini.

Tim seleksi untuk SIBac-sip 2024 terdiri dari instruktur SLC, Muhammad Taufik, S.Ag, M.Si, Dr. Sheiful Yazan, M.Si, tim International Office (IO) UIN Imam Bonjol Padang yang akan menguji seputar kepribadian, bahasa, juga hal-hal yang mendukung untuk perjalanan intership program di kampus Marmara University, Intanbul Turkey dan Charles Sturt University, Sidney, Australia.

“Sebagai langkah awal, program ini adalah terobosan bagi kampus. Memberi kesempatan bagi mahasiswa terseleksi mengembangkan diri, membangun relasi, juga mereka jadi harapan kemajuan kampus,” jelas Welhendri.

Keberangkatan disiapkan dengan jadwal yang sangat ketat, pertengahan Juli 2024, tim SIBac-sip akan berangkat ke Istanbul, Turkey dan pertengahan September 2024, ke Sidney. Tahun lalu, Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd, beserta rombongan melalui Istanbul Fondations, ke Marmara University sedangkan pertengahan bulan ini, juga penjajakan dilakukan oleh tim kerja sama ke Sidney. (pt)