Rapat Pengembangan Kawasan PALAPA, 3 Kepala Daerah di Sumbar Audiensi ke Bappenas

0
1189

PadangTIME.com | Rapat Pengembangan Kawasan PALAPA (Padang-Lubuk Alung-Pariaman), 3 (tiga) Kepala Daerah di Sumatera Barat Audiensi ke Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) /Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia, Jalan Taman Suropati No. 2 Jakarta, Jum’at siang (14/10).

Audensi 3 Kepala Daerah Sumbar, yaitu Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Wali Kota Padang, Hendri Septa dan Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur ini, diterima oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas, Himawan Hariyoga Djojokusumo, dan jajaran Bappenas lainya.

Himawan Hariyoga Djojokusumo mengatakan menerima dengan baik konsep kawasan PALAPA yang ada di Sumatera Barat ini, dan bahkan kawasan PALAPA ini telah masuk menjadi program strategis pemerintah pusat, yang tertuang dalam Rencana Jangka Panjang Menengah Nasional (RJPMN)2015-2019 lalu.

“Kita di Bappenas tentu membuat Prioritas kepentingan Nasional, sifatnya tidak hanya sektoral, dan lokasinya di daerah, dan kami mendukung konsep PALAPA ini yang nantinya akan kita wujudnya prioritas strategis masing-masing daerah, untuk meningkatkan ekonomi kreatif yang berada di kawasan tersebut,” ujarnya.

Deputi di Bappenas ini juga menyebutkan agar 3 daerah ini, untuk melakukan kordinasi dengan provinsi terkait penataan kawasan Palapa ini nantinya, sehingga integrasi dan kolaborasi pengembangan kawasan ini, benar-benar sinkron dari bawah sampai ke atas.

“Dengan adanya kawasan PALAPA, nantinya akan ada wilayah Metropolitan di Provinsi Sumatra Barat, yang meliputi dari Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang, yang tentunya akan berimbas terhadap kemajuan dan pembangunan daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa untuk memajukan daerah, bagaimana kita berupaya untuk mengembangkan kota yang berbatasan, dengan konsep Metropolitan, seperti konsep Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Genius  melakukan pemetaan kawasan, dan percepatan penataan konsep Palapa ini, baik untuk Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang, sehingga kedepan akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah setempat, dan daerah akan semakin cepat berkembang, sehingga kelayakn investasinya pun, akan lebih baik.

“Dengan adanya kawasan Palapa ini nantinya, sinergitas antar daerah dan kesatuan konsep kawasan Metropolitan di Sumatera Barat ini, akan memberikan effect yang besar terhadap kemajuan daerah, khususnya Sumatera Barat,” tuturnya.

(pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini