Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten Padang Pariaman Ke 190

0
973

PadangTIME | Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman Arwinsyah secara resmi membuka rapat Paripurna peringatan hari jadi Kabupaten Padang Pariaman ke 190 tahun 2023 bertempat di Hall Ibukota Kabupaten di Kawasan Paritmalintang, pada Rabu (11/01).

Didampingi oleh Wakil Ketua Aprinaldi dan Wakil Ketua Risdianto, Arwinsyah mengungkapkan, Hari Jadi Kabupaten Padang Pariaman ke 190 tersebut ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Padang Pariaman Nomor 6 Tahun 2014. Dalam Perda tersebut ditetapkan tanggal 11 Januari 1833 sebagai Hari Jadi Kabupaten. Tanggal ini dipilih didasarkan pada hasil rumusan Seminar Penelusuran Hari Jadi Kabupaten Padang Pariaman pada 30 Juli 2009 bertempat di Gedung Saiyo Sakato Pariaman.

Penentuan hari jadi Kabupaten Padang Pariaman merupakan titik awal dimulainya sistem pemerintahan. Pemerintah Daerah bersama-sama dengan DPRD RI terus bekerja sama menjalankan roda pemerintahan sehingga segala hambatan dan tantangan dapat diselesaikan dengan baik,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Arwinsyah juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada perangkat daerah dan seluruh elemen masyarakat atas kerja cerdas dan kerja ikhlasnya dalam menjalankan fungsinya sebagai abdi negara. Juga kepada pemimpin terdahulu yang telah berjasa dalam menjaga Kabupaten Padang Pariaman sebagai Kabupaten yang berdaulat.

Sesuai dengan tema Bangkit Bersama Mewujudkan Padang Pariaman Berjaya, kita optimalkan segala potensi yang ada. Melalui momentum ini kita satukan persepsi dalam menentukan arah untuk mewujudkan Padang Pariaman Berjaya, serta melakukan evaluasi kerja dan aksi nyata untuk menyongsong masa depan,” tuturnya.

Dalam rapat yang berlangsung khidmat tersebut, salah seorang tokoh masyarakat kebanggaan Kabupaten Padang Pariaman Asman Abnur mengaku bangga dengan pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman. Meski masih memiliki banyak PR, tapi Padang Pariaman sudah cukup mumpuni di berbagai bidang.

Semoga Kabupaten Padang Pariaman masyarakatnya selalu hidup selaras dengan pemerintah. Baik masyarakat yang ada di ranah maupun yang ada di rantau. Sehingga tujuan Padang Pariaman Berjaya dapat diwujudkan,” sebutnya.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya mengungkapkan, seperti diketahui Padang Pariaman beberapa tahun belakang ini mengalami pandemi covid-19 yang berdampak bagi berbagai sendi kehidupan. Baik dari segi pendidikan maupun ekonomi. Namun dengan kerja keras dan kerja cerdas aparatur pemerintahan dan lapisan masyarakat, situasi sulit bisa dihadapi.

Hal ini terbukti dengan diraihnya berbagai penghargaan. Meski dilanda pandemi, Kabupaten Padang Pariaman dapat terus berbenah dan melahirkan inovasi. Melalui inovasi tersebut, Padang Pariaman berhasil masuk nominasi 8 besar sebagai Kabupaten/Kota terinovatif tingkat nasional dan peringkat pertama Kabupaten/Kota terinovatif tingkat Sumatera Barat.

Di sela-sela pandemi yang tidak bisa diajak kompromi, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman tetap berusaha berbuat yang terbaik bagi daerah yang kita cintai ini dengan berbagai program kerja terutama untuk melayani masyarakat Padang Pariaman,” tuturnya.

Selain itu, Padang Pariaman juga berhasil meraih penghargaan di bidang Pariwisata dan Kabupaten Peduli HAM Tahun 2022.

Penghargaan atau prestasi tersebut adalah pedoman bagi kami di Pemkab Padang Pariaman mengenai sejauh mana kinerja yang telah dilakukan dan yang belum bisa dicapai. Kami berharap semua elemen masyarakat Padang Pariaman memberi masukan, saran pendapat bagaimana meningkatkan dan performa pemerintahan di Padang Pariaman di masa mendatang,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengatakan, menjajaki usia yang ke-190 tahun, Kabupaten yang memiliki garis pantai terpanjang ini diharapkan terus mewujudkan cita-cita menjadi kabupaten yang berjaya.

Di tahun 2022 lalu Kabupaten Padang Pariaman banyak meraih prestasi dan diakui baik di tingkat Provinsi Sumatera Barat maupun di tingkat pemerintah pusat. Ia menilai apa yang diraih oleh Padang Pariaman menunjukkan bagaimana program pembangunan daerah telah berada pada jalurnya dan terkoordinasi dengan baik.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman atas kontribusinya dalam membantu mewujudkan Provinsi Sumatera Barat yang tumbuh dan mandiri dari segi perekonomian. Kami berharap, Padang Pariaman semakin mandiri dan sejahtera dengan tetap menerapkan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” harapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini