Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan Memberikan Pelayanan Kesehatan di Posbindu Nagari Tebing Tinggi Tapan

0
7833

padangtime.com | Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan memberikan pelayanan kesehatan di luar gedung yakni di Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) Nagari Tebing Tinggi Tapan, Rabu (15/5).

Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris, SKM, Rabu (15/5) mengatakan bahwa Posbindu PTM adalah Pos Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular.

“Pelayanan yang dilakukan di Posbindu PTM antara lain, skrining penyakit tidak menular, skrining indera, skrining iva test dan penemuan kasus TBC, masyarakat datang ke Posbindu PTM untuk pemeriksakan kesehatannya”ungkapnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh program puskesmas yang terintegrasi, yaitu Posbindu Penyakit Tidak Menular didampingi oleh Bidan Desa Nagari Tebing Tinggi, Heryanti Viska Yanti, Amd.Keb dan petugas puskesmas.

Skrining penyakit tidak menular yaitu Tri Merisa Candra, A.Md.Keb, Ns. Sonia Ade Putri, S.Kep, Petugas Skrining, Indera Hesti Wima Putri, S.Tr. Keb dan Indriani S.Keb, Bd, petugas skrining Iva test Jarlen Nurleksmi A.Md.Keb dan Wily Septa Malia, S.Tr.Keb dan petugas TB Dewi Sartika.S.Tr.Kes dan Ns. Afriani. S.Kep.

Pelayanan yang diberikan berupa pengukuran tinggi badan, timbang berat badan, pengukuran tekanan darah, lingkar perut, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan skrining pendengaran dan penglihatan serta skrining Iva test.

“Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM kepada masyarakat usia produktif 15-59 tahun. Melalui Posbindu PTM dapat segera dilakukan pencegahan faktor risiko PTM,” sebutnya. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini