Padang TIME | PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar roadshow kegiatan onboarding Talenta Wirausaha BSI (TWB) 2023 di Sumbar. Kegiatan ini di laksanakan di UNP Hotel & Convention Center Padang, Kamis (2/3).

TWB merupakan program inkubator bagi  wirausaha muda dan muslimpreneur untuk meningkatkan kapasitas usahanya, sehingga mampu bersaing di kancah global.

Hal ini sejalan dengan spirit BSI untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Go Halal, Go Digital dan Go Global.

TWB juga menjadi salah satu wujud komitmen BSI dalam mengembangkan dan memperkuat ekosistem ekonomi syariah, salah satunya di lingkungan akademisi.

Area Manager BSI Padang Aidil Bustamir menegaskan sebagai market leader perbankan syariah di Tanah Air, BSI berinisiatif untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi, baik memperkuat kehadiran di kampus, maupun menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

BSI berharap melalui sinergi ini dapat menciptakan ekosistem muslimpreneur di lingkungan kampus.

Selain itu, BSI juga ingin mensosialisasikan sekaligus menarik minat para mahasiswa dan enterprenur muda di wilayah Sumatera untuk berkompetisi sebagai enterprenur pada ajang skala nasional serta mendorong pengembangan sektor UMKM agar bertumbuh, unggul dan berdaya saing global.

Pemilihan UNP sebagai lokasi onboarding TWB 2023 karena sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Sumatera Barat memiliki potensi.

”Selain itu, UNP memiliki komitmen yang sejalan dengan BSI dalam pengembangan Enterpreneur Community Based,” kata Aidil.
Melalui onboarding ini, BSI dapat memberikan kesempatan berkompetisi yang lebih besar bagi wirausahawan di wilayah Sumbar. Selain itu juga membawa dampak yang positif bagi seluruh pihak dan dapat menumbuh kembangkan ekonomi syariah dan UMKM di Indonesia.
”Tahun ini, BSI menargetkan 7.500 orang mengikuti TWB 2023 dengan menyasar kota-kota besar di antaranya Padang, Surabaya, Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Banten, Banjarmasin, Balikpapan dan kota lainnya.
Kota-kota ini di pilih mengingat potensi industri kreatif yang besar dan minat program ini pada tahun sebelumnya,” jelasnya.
Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UNP Marwan menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini dapat melahirkan wirausaha-wirausaha muda bertalenta.
Senada, Wagub Sumbar Audy Joinaldy apresiasi BSI yang telah melaksanakan kegiatan ini. Menurut Wagub, iven ini sangat membantu bagi anak-anak muda, mahasiswa untuk menjadi wirausaha muda.
Wagub mengatakan UMKM di Sumbar sangatlah besar
bahkan produk-produknya sudah di ekspor ke luar negeri seperti Jepang, Belanda, Tiongkok, Norwegia dan negara lainnya. Dengan produk yang di ekspor seperti rendang, kopi, manggis, tuna, produk-produk non-olahan dan produk lainnya.
”Saya mengimbau kepada adik-adik mahasiswa dan pelaku UMKM untuk memanfaatkan kegiatan ini. Semoga iven ini dapat membantu mengembangkan perekonomian Sumbar ke depannya,” harapnya.
Kegiatan ini  di hadiri SVP Business Retail BSI Risqi Widayat, Area Micro & Pawning Manager BSI Padang Mhd Fauzan Muslim, Juara II TW BSI 2022 Kategori Pemula Fajri Gufran Zainal, HIPMI Sumbar dan influencer Rania Salsabila. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini