Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pessel Tetapkan Kasus Diare di Kecamatan Sutera Berstatus KLB

0
938

padangtime.com | Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat tetapkan kasus diare di Kecamatan Sutera berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB).

Hal itu sampaikan kepada Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Intan Novia Fatma Nanda, Ia mengungkapkan, KLB berdasarkan keputusan dinas sesuai standar operasional (SOP) surveilans kasus yang terjadi.

“(Keputusan) dinas sesuai SOP Surveilan,” Katanya di Painan, Sabtu (4/05).

Ia menjelaskan, kasus diare di Sutera tercatat sebanyaj 107 kasus sejak pasca banjir 7 Maret 2024 hingga 3 Mei 2024.

“Dari 107 kasus itu, 104 sudah dinyatakan sembuh dan 3 meninggal. Itu dari laporan kasus ketiga ini dialami dari bayi dan balita,” terangnya.

Menurutnya, terkait adanya kasus warga yang terjangkit diare secara massal ini, Pemkab telah mengambil langkah cepat dalam menanganinya.

“Menyiagakan rumah sakit rujukan (M Zein) untuk menampung pasien yang harus dirujuk termasuk menyediakan tempat tidur tambahan,” terangnya.

Terkait penyebab kasus, saat ini Dinkes Pessel sedang mendalami penyebab diare massal tersebut.

Setidaknya dugaan sementara terjadi karena konsumsi air minum sejak pasca banjir 7 Maret 2024.

“Dugaan sementara disebabkan oleh e coli yg berasal dari feses. Akibat kebiasaan masyarakat meminum air tidak memasak,” ungkapnya

Lanjutnya bantuan, Untuk kepastian lebih lanjut kami mendapat penyelidikan dari labor unand yang memiliki fasilitas lebih lengkap.

“Untuk pengobatan dan perawatan yang digratiskan,” tutupnya. (*)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini