Pj Wali Kota Pariaman Lepas 107 orang Jamaah Calon Haji

0
2226

Kota Pariaman – Sebanyak 107 orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Pariaman dilepas keberangkatannya menuju Kota Mekkah untuk menunaikan rukun Islam kelima oleh Penjabat (Pj) Walikota Pariaman, Roberia di Pendopo Walikota Pariaman, Rabu (22/5).

 

Jemaah haji yang terdiri dari 45 orang pria dan 62 orang wanita tersebut merupakan JCH Kota Pariaman yang masuk kloter 13 gelombang kedua bersama dengan dua daerah lainnya yaitu Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang dengan jumlah total sebanyak 353 orang jemaah.

 

Dalam sambutannya Roberia sampaikan  bahwa, keberangkatan para jamaah calon haji ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho dari Allah subhana wata’ala, tidak lebih dan tidak mengarah kepada hal 4 yang tidak relevan dengan status kita sebagai hamba Allah.

 

Ibadah haji yang merupakan salah satu rukun Islam, diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya, baik segi ekonomi dan kesehatan, baik fisik maupun mental. Disamping itu, harus memenuhi persyaratan, baik syarat dalam ketentuan syariat maupun syarat yang ditetapkan pemerintah.

 

“JCH yang berangkat tahun ini merupakan jemaah yang beruntung mendapatkan panggilan untuk mengerjakan ibadah di tanah suci, sementara banyak JCH yang lainnya masih menunggu panggilan keberangkatan mereka walaupun sudah bertahun-tahun mendaftar untuk mendapatkan kesempatan itu”, sebut Robe.

 

“Saya berharap, keberangkatan para calon jamaah haji dari Kota Pariaman ini selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa dan para umat islam dari seluruh penjuru dunia”, terangnya.

Roberia berpesan pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan, serta hormati tradisi yang dimiliki oleh bangsa lain. Jaga nama baik negara kita Indonesia khususnya Kota Pariaman. Jagalah perilaku kita masing-masing dan jangan sampai ada masalah yang timbul walau sekecil apapun.

Beliau meminta kepada JCH, agar dapat selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan. Jangan paksakan diri dalam melakukan ibadah ataupun kegiatan-kegiatan yang dapat menguras energi terlalu banyak.

Pada musim haji tahun ini JCH Kota Pariaman yang tertua berasal dari Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara yaitu Bapak Rasyid Tanjung berusia 85 tahun, dan yang termuda berasal dari Desa Kampung Baru kecamatan Pariaman Tengah yang bernama Alfaridzi Mulyana usia dengan usia 19 tahun.

Rombongan JCH kloter 13 ini akan diberangkatkan pada hari Minggu tanggal 26 Mei 2024 menuju Asrama Haji Padang, dengan menggunakan bus yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota Pariaman. Setelah itu mereka akan diberangkatkan dari bandara ke Mekah pada tanggal 27 Mei 2024 sesuai dengan jadwal penerbangan yang telah ditetapkan oleh panitia. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini