Pesona Hoyak Tabuik Piaman Masuk Kalender Iven Nasional

0
2563
Kota Pariaman – padangtime.com | Pesona Hoyak Tabuik Piaman Tahun 2024 ini masuk ke dalam 110  kalender iven nasional. Iven yang disebut juga dengan Kharisma Event Nusantara (KEN) ini baru untuk pertama kalinya didapatkan oleh Kota Pariaman.
Hal ini disampaikan oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Ferialdi ketika menghadiri launching KEN 2024 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu 27/1/2024 di Jakarta.
“Untuk terdaftar sebagai iven yang termasuk dalam 110 iven nasional tidaklah mudah, beberapa tahapan/proses harus dilalui, seperti tahapan administrasi dimana harus melengkapi data, narasi serta dokumen tentang proses Tabuik dari awal sampai Tabuik dibuang ke Laut, dampak ekonomi ke masyarakat dan pengunjung yang dating, ujarnya.
Setelah tahapan administrasi, lanjutnya lagi penilaian oleh tim kurator dari Provinsi Sumatera Barat, dimana dihadapan kurator dipaparkan tentang Tabuik serta dilakukan pendalaman oleh para kurator, Dari 19 Kab/Kota yang mengajukan event masing-masing, Kota Pariaman masuk dalam 10 besar penilaian tingkat provinsi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan di hadapan kurator tingkat nasional yang terdiri dari kalangan profesionalisme sekaligus pendalaman.
“Alhamdulillah Kota Pariaman masuk dalam dalam 6 kab/kota di Sumbar yang lolos seleksi dan masuk dalam 110 iven KEN 2024 yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Bagi daerah yang ivennya masuk KEN akan mendapatkan support, supervisi serta dukungan anggaran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, terangnya mengakhiri. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini